Arus Balik, 130 Bus Telah Bertolak Ketanah Rantau

image

Pemudik di terminal Dhaksinarga Wonosari (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pada H+6 lebaran atau Sabtu (1/7/2017), arus balik di Terminal Dhaksinarga mulai ramai. Puluhan bus antar kota antar provinsi (AKAP) diberangkatkan untuk mengangkut penumpang kembali ke Jakrarta, Bandung dan kota besar lainnya.

Ketua Paguyuban Agen Bis Malam (Bisma) Gunungkidul, Agustinus Sujatmo mengatakan, dari data yang diperoleh Jumat ini, diberangkatkan sekitar 70 bus yang berasal dari bus AKAP reguler dan tambahan menggunakan bus pariwisata.

“Sekitar lebih dari 2.000 penumpang yang diberangkatkan,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Dia memperkirakan puncak arus balik masih akan terjadi pada Sabtu (hari ini) dan Minggu (2/7/2017). Pasalnya dua hari tersebut merupakan hari terakhir libur lebaran.

“Untuk tiket hari Sabtu dan Minggu memang paling banyak dipesan. Pemudik banyak yang sudah bekerja pada Senin (3/7/2017), jadi mereka pesan tiket Sabtu dan Minggu,” ungkapnya. 

Sementara itu, Agustinus mengatakan harga tiket bus mengalami peningkatan cukup signifikan. Untuk bus non AC dari harga biasa Rp135 ribu menjadi Rp270 ribu; tiket Patas AC dari Rp140 ribu menjadi Rp350 ribu; Eksekutif dari Rp180 menjadi Rp440 ribu; dan Super Eksekutif dari Rp220 ribu menjadi Rp550 ribu.

“Sebagian besar penumpang yang akan mudik sudah memesan tiket sejak jauh hari. Mereka menginginkan mendapatkan kursi di bus reguler dibanding bus tambahan,” katanya.

Terpisah, Koordinator Terminal Dhaksinarga, Trisulo Hantoko mengatakan untuk memberikan jaminan kenyamanan dan keselamatan penumpang, pihaknya melakukan pemeriksaan berkala sehingga keselamatan penumpang terjamin.

“Untuk tahun ini kami ketat memeriksa, jika memang tidak layak ya tidak boleh berangkat,” paparnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post