Atasi Gagal Panen Dinas Siapkan 5 Ton Benih Padi

136 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Untuk menanggulangi gagal panen, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul menyiapkan 5 ton benih padi. Benih-benih tersebut akan diberikan kepada para petani saat musim hujan nanti.

Kepala Dinas Pertanian Dan Pangan Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan pihaknya telah menyiapkan sebanyak 5 ton benih padi.

“Kami sudah menyiapkan sekitar 5 ton benih (padi) untuk para petani (yang gagal panen),” ujarnya, Selasa (2/7/2019) kemarin.

Menurut Bambang, benih tersebut merupakan bantuan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta. Benih-benih tersebut nantinya akan didistribusikan kepada petani yang mengalami gagal panen atau puso.

“Tapi yang memberikan (benih padi kepada petani) besok saat musim penghujan pertama. Karena kalau sekarang kan tanahnya masih kering dan belum bisa ditanami,” kata Bambang.

Bambang berharap, dengan pemberian benih tersebut mampu meningkatkan produksi padi di Gunungkidul pasca gagal panen tahun ini. Mengingat tahun ini ada 1.918 hektare lahan padi yang mengalami gagal panen atau puso.

“Dan semoga dengan bantuan benih-benih itu bisa mendongkrak produksi padi saat musim tanam selanjutnya,” imbuh Bambang.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa adanya 1918 hektare lahan padi yang gagal panen itu terdiri dari 154 hektar lahan di Kecamatan Patuk, 2 hektar di Kecamatan Wonosari, 860 hektare di Kecamatan Gedangsari dan 50 hektare di Kecamatan Playen. Selanjutnya 6 hektare terdapat di Kecamatan Girisubo, 10 hektare di Kecamatan Ponjong, 505 hektare di Kecamatan Semin, 47 hektare di Kecamatan Karangmojo dan 285 hektare di Kecamatan Ngawen. (Bayu)

Related Post