Atasi Kekeringan, Desa Gunakan Dana APBDes Untuk Beli Air

62 views

Gunungkidulpost.com – Rongkop – Dana APBDes yang dimiliki oleh desa hingga saat ini mulai diperuntukkan guna membeli asupan air bersih.

Hal itu seperti yang terjadi di Desa Melikan, Kecamatan Rongkop.

“Hadapi musim kemarau, Pemerintah Desa Melikan, Kecamatan Rongkop gunakan dana APBDes untuk membeli tangki air. Ini guna mengantisipasi kemungkinan bencana kekeringan seperti tahun lalu,” ujar Kepala Desa Melikan, Kartina kepada wartawan, Sabtu (2/6/2018).

Menurut dia, Desa Melikan menjadi salah satu desa yang tahun lalu menjadi wilayah terparah akibat kekeringan. Beberapa warganya bahkan menjual harta benda untuk membeli tangki air.

“Atas hal itu kami sudah menganggarkan dana dari APBDes untuk membeli 30 tangki air,” bebernya.

Kartina mengungkapkan, alokasi dana untuk antisipasi kekeringan di wilayahnya sebanyak Rp3.900.000.

Namun Kartina mengaku dana tersebut yang hanya mampu membeli 30 tangki air dirasa tidak cukup. Sebab di desa melikan mencakup 13 dusun. Sedangkan idealnya desa harus membeli tangki air sekitar 50.

“Jika harus menambah dana dari APBDes, hal itu tidak mungkin, karena dana APBDes sudah dialokasikan untuk keperluan lainnya,” jelas Kartina.

Atas hal itu Kartina berharap tahun ini musim kemarau tidak berlangsung lama sehingga kemungkinan bencana kekeringan seperti tahun lalu bisa terhindarkan.

Kondisi berbeda diungkapkan Kepala Desa Tileng, Kecamatan Girisubo, Supriyadi. Dia mengaku hingga hari ini belum ada rencana antisipasi seperti halnya yang telah dilakukan Desa Melikan dengan anggarkan APBDes untuk membeli tangki.

“APBDes kami tidak untuk penanggulangan Kekeringan,” tandasnya.

Supriyadi berharap ada dana khusus penanggulangan kekeringan di luar APBDes. Namun itu bukan tanpa alasan, sebab keenggana menggunakan APBDes akibat dari minimnya pendapatan Desa Tileng.

“Kami terbatas dana sehingga masih bingung untuk lakukan antisipasi,” tutupnya. (Bayu)

Related Post