Atasi Kekeringan, TNI AD Angkat Sumber Mata Air Dalam Goa

127 views

Gunungkidulpost.com – Girisubo – Berbagai upaya untuk menanggulangi kekeingan terus dilakukan. Hal itu seperti yang dilakukan jajaran Kodim 0730 Gunungkidul yang berupaya mengangkat mata air dari sumber air bawah tanah yang ada di Goa Bulujajar, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo.

Komandan Kodim 0730 Letkol Noppy Laksana Armiyanto mengatakan, bencana kekeringan sudah menjadi langganan di Gunungkidul. Untuk itu dibutuhkan upaya serius mengatasi persoalan kekeringan. Salah satu cara yang dilakukan yakni, mengangkat sumber mata air didalam goa untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Pengambilan air didalam goa sedalam 1,2 kilometer ini kita lakukan untuk mengatasi kekeringan di wilayah Girisubo,” katanya kepada wartawan, Minggu (14/7/2019).

Menurut Noppy, jajaran TNI AD berkolabirasi dengan pihak tarkait lainnya untuk berusaha mengangkat air disungai bawah tanah.

“Dengan menggunakan sistem grafitasi, air kita angkat dari kedalaman 1,2 km dan ternyata membuahkan hasil. Mudah-mudahan segera terinstal dengan baik,” ucapnya.

Menurut Noppy, dengan berbagai perlengkapan yang ia dapatkan dari Kepala Staf Umum TNI, ia mentargetkan waktu selama empat bulan kedepan bisa terselesaikan.

“Kegiatan ini kita lakukan setiap Sabtu dan Minggu. Dan semoga target kami empat bulan kedepan bisa terinstal secara keseluruhan sehingga dapat segera untuk mengatasi kekeringan,” ujar Letkol Noppy.

Dia berharap, berhasilnya pengangkatan sumber mata air ini kedepan akan menjadi pilot projek untuk wilayah lain demi mengatasi kekeringan yang merundung warga pesisir Gunungkidul.

“Harapan kami keberhasilan diwilayah ini mampu dijadikan acuan diwilayah lain. Sehingga bisa merata untuk mengatasi kekeringan,” tutupnya. (Bayu)

Related Post