Awal Tahun, Jumlah Kunjungan Obyek Wisata Goa Pundul Menurun

202 views






Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Goa Pindul terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Goa ini menjadi lokasi cave tubing yang populer di kalangan turis, terutama saat libur dan long weekend.

Namun, tahun baru ini Goa Pindul sepi pengunjung. Hal itu dikemukakan oleh Bagyo, salah satu pelopor wisata Goa Pindul.

“Ada penurunan jumlah pengunjung. Padahal tahun lalu penuhnya luar biasa,” tutur Bagyo saat ditemui Gunungkidulpost.com, Jumat (11/1/2019) kemarin.

Menurut dia, disinggung mengenai sepinya pengunjung wisata Goa Pindul Bagyo enggan berkomentar banyak.

“Kurun waktu sekitar satu minggu sebelum tahun baru hingga setelah tahun baru itu saja yang ramai. Selain itu sepi,” ucapnya.

Pada musim hujan ini dirasa tidak ada dampak yang berarti. Akan tetapi jika terjadi hujan berturut-turut selama tiga hari dipastikan aliran air meluap dan akan mengganggu wisatawan yang hendak menyusuri goa.

“Saya sudah lama tinggal disini dan paham betul kondisi goa jika terjadi hujan berkepanjangan dipastikan terjadi banjir. Namun awal tahun ini sepinya pengunjung bukan karena pengaruh cuaca namun dimungkinkan memang pengaruh yang lainnya,” papar Bagyo.

Disinggung perihal kenaikan harga tiket, Bagyo mengaku sudah ada aturan dan ketetapan yang syah dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Harga tiket per orang dibandrol sebesar Rp 40 ribu rupiah. Sedangkan untuk biro dipatok dengan harga Rp 25 ribu.

“Saya rasa meski banyak operator akan tetapi semua mentaati kerena ada peraturan yang baku dan sudah ditetapkan. Dan sampai saat ini tidak ada perubahan tarif retrubusi, masih sama seperti tahun kemarin,” tutupnya. (G2)

Related Post