Awas!! Ada Ranjau Ancam Nyawa Pengguna Jalan

744 views


Gunungkidulpost.com – Patuk – Jalur utama di jalan Wonosari – Jogja banyak dipenuhi ranjau (lubang jalan). Padahal jalan tersebut merupakan jalur arus lalu lintas padat, sehingga membahayakan pengguna jalan.

Berdasarkan Pantauan Gunungkidulpost.com menyebutkan, lubang jalan itu hampir rata-rata memenuhi jalan sepanjang kurang lebih dari 10 kilometer. Sedikitnya ada puluhan titik lubang jalan yang lebar jalan mencapai sekitar 1 meter.

Kondisi lubang jalan itu paling parah saat terjadi di jalan yang menikung tajam, sehingga sangat berbahaya bagi para pengguna jalan khususnya sepeda motor.

Salah satu pengendara motor, Arya Adtya mengaku, khawatir dengam kondisi jalan berlubang di jalur utama Wonosari – Jogja. Sebab kondisi jalan tersebut sangat membahayakan jiwa para pengguna jalan khususnya sepeda motor. 

“Sangat berbahaya sekali jalan lubang ini, tadi saja salah seorang pengendara motor yang hampir jatuh gara-gara menghindari jalan,” katanya, Selasa (13/12/2016).

Arya mengatakan, kondisi jalan rusak ini butuh perhatian dari pemerintah, karena jika tidak dilakukan perbaikan banyak korban berjatuhan.

“Kalau tidak diperbaiki kasihan kami para pengguna jalan khususnya sepeda motor. Padahal saya tiap hari bola balik dari Wonosari – Jogja maupun sebaliknya,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Patuk, Haryo Ambar menjelaskan, di jalur Wonosari-Jogja yang masuk wilayah kecamatan Patuk, sedikitnya ada sekitar puluhan bahkan lebih jalan yang berlubang. Kerusakan jalan paling parah terjadi di tikungan buah dusun Kerjan dan seputaran jalan di dusun Bunder.

“Kalau panjangnya kurang tahu tapi titiknya ada puluhan lebih jalan berlubang,” ungkapnya.

Meski begitu kata Haryo, pihaknya tidak bisa bebuat banyak, sebab jalan berlubang itu bukan kewenangan kecamatan untuk penangannya, melainkan pemerintah provinsi.

“Jalan itu kan jalan nasional, kita tidak memiliki kewenangan. Jadi untuk penanganannya di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) pusat,” pungkasnya. (Nena)

Related Post