Awas Antrax, Warga Harus Waspada

396 views



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Masyarakat diminta untuk mewaspadai hewan ternak yang mati secara misterius. Imbauan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit antrax, seperti yang terjadi di daerah lain.
Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Suseno Budi mengatakan, penyebaran antrax harus benar-benar diwaspadai. Pasalnya penyakit yang menyerang hewan ternak seperti sapi dan kambing ini bisa menular ke manusia.
“Masyarakat kami himbau untuk waspada terhadap hewan yang mati secara mendadak,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (19/1/2017).
Dia menjelaskan, untuk pencegahan bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan di sekitar kandang. Pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk melaporkan kejadian hewan mati secara misterius. 
“Harus diteliti terlebih dahulu guna memastikan penyebab kematian. Selain itu, kami juga tidak menyarankan mengkonsumsi hewan yang mati mendadak dan lebih baik dikuburkan saja demi keselamatan,” imbuhnya.
Menurut dia, larangan untuk konsumsi hewan yang mati mendadak tidak lepas dari bahaya penyakit yang ditimbulkan. 
“Bakteri yang ada dalam darah hewan akan keluar saat disembelih dan bisa menyebar melalui tanah atau pun udara. Jadi kami sarankan, jika ada hewan yang mati lebih baik dikubur saja,” pungkasnya. (Heri)

Related Post