Awas! Mata Bisa Jadi Tempat Pengembangbiakan Virus Zika

404 views

Ilustrasi.net





​Gunungkidulpost.com – Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa mata bisa menjadi tempat pengembangbiakan virus zika.

Simpulan tersebut diperoleh setelah peneliti melakukan eksperimen pada tikus. Mereka meneliti efek infeksi virus zika pada mata dari 3 jenis tikus yaitu janin, tikus baru lahir dan tikus dewasa.

Pasien yang tertular virus zika mengalami penyakit pada mata, bahkan pada beberapa kasus terjadi kebutaan.

Michael Diamond, profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Washington mengatakan bahwa pasien bisa menularkan infeksi virus zika melalui air mata.

Adanya infeksi pada mata memungkinkan manusia bisa tertular zika hanya melalui kontak dengan pasien yang air matanya telah terinfeksi virus.

“Kami perlu mempertimbangkan apakah orang yang terjangkit zika menyimpan virus menular di mata mereka dan berapa lama virus tersebut bertahan,” terangnya, seperti dikutip dari AFP, Rabu (7/9/2016).

Belum diketahui bagaimana virus zika bisa sampai ke mata. “Meski kami tidak menemukan virus hidup di air mata tikus, bukan berarti itu tidak bisa menular pada manusia,” ucap Jonathan Miner, ketua tim penelitian yang juga mengajar di fakultas kedokteran Universitas Washington.

Para peneliti merencanakan memperluas penelitian dengan melibatkan manusia yang terinfeksi virus zika. 

Referensi : http://m.timesindonesia.co.id/read/132283/20160908/010131/awas-mata-bisa-jadi-tempat-pengembangbiakan-virus-zika/#!-_-

Related Post