Awasi Langsung Dana Desa !!!

456 views

image

Ilustrasi/net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Lemahnya laporan administrasi keuangan yang dilakukan oleh tim pengelola kegiatan (TPK) Desa, membuat Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Gunungkidul menyoroti kelemahan tersebut.

Sekretraris BPMPKB Gunungkidul, Prahasnu Aliaskar mengatakan, pihaknya menghimbau kepada pemerintah desa dan kecamatan untuk menggenjot kinerja TPK. Dengan begitu, dalam pelaksanaan realisasi penggunaan anggaran dapat berjalan dengan tertib dan disiplin.

“Kami mulai melakukan pengawasan kesejumlah desa dan catatan penting mengenai kinerja TPK agar tertib administrasi,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Rabu(23/11/2016).

Menurut dia, pihaknya menyayangkan tidak tertibnya laporan keuangan belanja kegiatan. Terbukti, program sudah mulai berjalan, namun TPK belum mendokumentasikan setiap laporan keuangan. Padahal seharusnya, setiap terjadi transaksi yang mengeluarkan anggaran harus dicatat secara rinci.

“Belum semua pekerjaan dan tanggung jawab dilaksanakan oleh TPK. Fakta ini kami ditemukan saat terjun ke lapangan,” tandasnya.

Prahasnu menambahkan, meski diakui, hingga sekarang belum ada laporan terkait penyimpangan dana desa, namun sudah menjadi keharusan bagi TPK untuk berlaku tertib dan transparan. Dengan demikian, pada saat laporan pertanggungjawaban (LPJ) semua haruslah berjalan lancar.

“Jangan sampai ada yang tidak beres terkait mengelolaan dana desa. Sehingga kami harap semua desa untuk lebih transparan dan tertib,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post