Ayunda Si Menik Makan Sego Ceting, Inovasi Untuk Memekan Stunting

187 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Setelah melalui proses seleksi yang panjang, inovasi dari UPT Puskesmas Gedangsari II Ayunda Si Menik Makan Sego Ceting (akronim dari Ayo Tunda Usia Menikah Mengawali Gerakan Semangat Gotong Royong Cegah Stunting) masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 Kementerian PAN-RB RI.

Ayunda Si Menik Makan Sego Ceting” merupakan inovasi yang esensinya sebagai upaya yang dilakukan bersama untuk menekan angka pernikahan usia anak, dengan tujuan menekan resiko AKI (Angka Kematian Ibu), AKB (Angka Kematian Bayi) dan BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawati menyampaikan,70 % stunting disebabkan bukan karena masalah kesehatan. Kasus BBLR menjadi salah satu penyebab tingginya stunting. Selain itu kondisi Ibu hamil anemia, status gizi buruk, sanitasi lingkungan tidak sehat, merupakan penyebab terjadinya stunting atau anak kerdil.

“Program Ayunda Si Menik bertujuan untuk menyiapkan kelahiran yang sehat baik ibu dan bayinya, seorang calon ibu harus melakukan persiapan kesehatan fisik maupun mental sedini mungkin,” terangnya, Kamis,(18/7/2019).

Dewi memaparkan,mulai usia remaja kondisi kesehatannya harus terbebas dari anemia, terpapar pengetahuan tentang reproduksi sehat, mendapatkan bimbingan dan pembinaan mental spiritual tentang membangun keluarga sehat dan bahagia.

Selanjutnya ada gerakan Semangat Gotong Royong Cegah Stunting (Sego Ceting) adalah upaya mengawal pertumbuhan bayi sejak dalam kandungan sampai usia 2 tahun.

Kegiatan ini bertujuan untuk pendampingan pola asuh, pola hidup dan pola pikir calon ibu, ibu balita dan keluarga serta masyarkat setempat sehingga tercipta kondisi lingkungan yang sehat dan kondusif.

Dewi menambahkan,stunting ini sudah menjadi isu nasional. Indonesia saat ini tengah bermasalah dengan stunting.

“Untuk itu Pemerintah pusat berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan menerbitkan peraturan bahwa Dana Desa wajib didalamnya dianggarkan untuk mencegah terjadinya stunting,”tandasnya. (Santi)

Related Post