Badingah Sampaikan Uraian Hari Jadi Gunungkidul

image

Bupati Gunungkidul, Badingah. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kabupaten Gunungkidul memasuki usia 186 tahun, tepatnya 27 Mei 2017. Bertambahnya usia ini, luas wilayahnya yang mencapai sepertiga dari luas Provinsi DIY mulai menunjukkan kemajuan.

Terbukti beberapa infastruktur fisik dan  pariwisata mulai tertata denga rapi.
Optimisme itu terus tumbuh. Maka tema yang diusung dalam peringatan hari jadi kali ini pun berbeda.

Yakni, “Gunungkidul Unggul, Kita Bangun Potensi Pariwisata Yang Berbudaya Menuju Masyarakat Yang Maju dan Sejahtera”.

Wilayah ujung timur Jogjakarta tersebut sektor pariwisata sedang meroket. Itu dapat terlihat dari data target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang terus dikerek setiap tahunnya.

Di 2016, duet Bupati Badingah dan Wakil Bupati Immawan melalui dinas pariwisata (dispar) menargetkan capaian PAD sebesar Rp 23,2 miliar dengan total kunjungan 2.992.897 orang (target 3 juta wisatawan). Dari target tersebut capaian justru lebih, karena pada tutup tahun mampu mengantongi PAD sebesar Rp 24.247.748.425, atau mencapai 104,7 persen dari target awal.

Kemudian tahun ini, data terbaru pegerakan target PAD yang dinaikkan sebesar Rp 25 miliar terus dikejar. Dispar Gunungkidul merilis, capaian PAD terbaru sudah mencapai angka Rp 10.810.057.703 atau 43,4 persen.

Sisa waktu kejar target PAD delapan bulan kebelakang diyakini dapat terwujud bahkan terlampaui. Sejumlah langkah dan strategi sudah dilakukan, salah satunya dengan membuat brending Gunungkidul. Diharapkan dengan adanya branding dapat mendongkrak pengembangan sektor pariwisata sehingga lebih baik lagi.

Kemudian momen-momen libur panjang dimaksimalkan untuk menggenjot jumlah kunjungan dan target PAD pariwisata. Selain itu momen perayaan Hari Jadi Gunungkidul ke-186 diyakini membawa angin positif dalam perkembangan pembangunan Bumi Handayani.

Angin positif dalam pembangunan Gunungkidul itu setidaknya dapat dilihat dari obyek wisata yang sudah berkembang dan berkontribusi terhadap peningkatan APBD sehingga bermanfaat bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Gunungkidul.

Diantara wisata yang telah berkontribusi ini seperti, kawasan pantai, hingga obyek wisata alam pegunungun seperti Nglanggeran, Kecamatan Patuk, kawasan Air Terjun Srigetuk, Playen hingga Gua Pindul, Bejiharjo, Karangmojo.

“Pertumbuhan sektor pariwisata harus didukung dengan insfrastruktur dan sarana prasarana,” kata Bupati Gunungkidul Badingah kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (23/5) kemarin.

Bersama dengan Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi beserta pejabat dipemerintahan, Badingah meminta agar momen hari jadi menjadi penyemangat menuju perubahan dalam kebaikan.

“Selamat Ulang Tahun Gunungkidul ke-186.  Gunungkidul unggul, kita bangun potensi pariwisata yang berbudaya menuju masyarakat yang maju dan sejahtera. Aamiin,” tandasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post