Badingah: Semua Usaha Ternak Harus Miliki Izin

17 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Adanya temuan pembangunan dan aktivitas peternakan PT Widodo Makmur Unggas yang ada di Desa Pacarejo, Semanu yang dinilai tidak mengantoni izin secara lengkap akhirnya Pemkab angkat bicara.

Bupati Gunungkidul Badingah, mengungkapkan bahwa semua usaha peternakan unggas di Wilayah Kabupaten Gunungkidul harus memiliki izin sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Menanggapi pemberitaan yang muncul dalam media terkait peternakan yang dikelola PT. Widodo Makmur Unggas, tersebut menurut Badingah pengelola PT. Widodo Makmur Unggas telah memiliki itikad baik dengan mengajukan permohonan perizinan kepada Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, baik izin Lokasi, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal ) yang saat ini masih dalam proses.

“Sudah ada etikat baik dari pengelola sekarang sudah dalam proses,” kata Badingah.

Lebih lanjut, Bupati juga mengingatkan kepada semua pihak yang mengelola usaha di kawasan karst untuk melakukan pengurusan perizinan.

Selain itu lokasi tersebut tidak melanggar Perda RT/RW karena Kecamamatan Semanu termasuk 7 (tujuh) Kecamatan sebagai Kawasan pengembangan ternak ungags.

“Pokoknya semua usaha peternakan harus mengantongi perijinan yang jelas,” tandasnya.

Terpisah Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Gunungkidul, Irawan Jatmiko menuturkan, bahwa usaha ternak tersebut telah mengurus perizinan dan sampai saat ini masih dalam proses penyelesaian.

“Bangunan di Bibir luweng yang dikawatirkan untuk mengelola (membuang) limbah tersebut justru dibangun atas permintaan warga setempat sebagai pengaman atas resiko jatuh ke Luweng atau Jurang” ungkap Irawan. (Bayu)

Related Post