Badingah Tidak Menyangka, Gunung Sewu Masuk 9 Geopark yang Diapresiasi Unesco

456 views
Bupati Gunungkidul Badingah (tengah) menunjukan penghargaan unesco. (Foto: Nena)

Bupati Gunungkidul Badingah (tengah) menunjukan penghargaan unesco. (Foto: Nena)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Prestasi yang membanggakan diraih kabupaten Gunungkidul. Pasalnya dari 120 Geopark di seluruh dunia, Geopark Gunung Sewu masuk dalam 9 geopark yang diapresiasi dalam konfrensi Internasional ke-7 Unesco Global Geopark (UGG) di Torquay Inggris.

Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, pihaknya tidak mengira mendapat penghargaan yang diberikan dari Unesco. Selain itu, dari lima geopark tersebut diberikan pameran khsusus dengan tema Wonderful Geoparks of Indonesia.

“Kita sangat mengapresiasi dari 120 puluh Geopark yang ada di dunia ini, 9 diberikan apresiasi salah satunya geopark gunung sewu,” katanya saat ditemui awak media.

Badingah menjelaskan, dari sembilan geopark yang ada, geopark gunung sewu ini memang merupakan sebuah penghargaan khsusus. Sebab geopark ini diikuti oleh kabupaten Gunungkidul, Pacitan dan Wonogiri. “Suatu kebanggan dari kita, yang nantinya akan mngembangkan geopark yang ada di gunung sewu,” ujarnya.

Menurut Badigah, untuk pengembagan anggaran Geopark tersebut, disamping dari APBD nantinya akan berkoodinasi dengan gubernur. “Untuk kabupaten Pacitan dan Wonogiri di koordinasikan dengan masing-masing pengurus,” terangnya.

Sekretaris Gunungsewu UGG, Hary Sukmono mengungkapkan, pada tahun 2019 akan melakukan revalisasi, dengan membuat laporan yang akan dilakukan setiap tahun. “Adanya revalisasi ini membuat kita tidak kuwalahan untuk membuat laporan tiap tahunannya, sehingga ini nantinya bisa dikompilasi,” ungkapnya.

Untuk kedepan lanjut Hari, dengan menyiapkan revalisasi tersebut akan mendapatkan informasi peningkatkan edukasi dan partisipasi masyarakat di dalam pemanfaatan geopark. Karena pada hakekatnya geopark ini untuk menyejahterakan masyarakat konservasi dan edukasi sehingga nantinya dapat dinikmati oleh masyarakat.

“Berkenaan dengan ini, kita terus mnyiapkan kemitraan atau partnership dengan masyarakat di wilayah geopark,” pungkasnya. (Nena)

gunungkidulpost gunungsewu unescogunungkidul

Related Post