Bakar Sampah Kering, Tiga Kandang Kambing Ikut Terbakar

214 views

Gunungkidulpost.com – Paliyan – Kandang kambing milik Waryanto (49) warga RT 18/ RW 04, Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan ludes terbakar.

Informasi yang dihimpuan Gunungkidulpost.com, kejadian tersebut terjadi pada Rabu (9/5/2018) sekitar pukul 00.10 WIB.

Peristiwa naas tersebut pertama kali diketahui oleh Wahyudi (45) salah seorang warga setempat. Dirinya melihat kobaran api melalap tiga kandang kambing milik Waryanto.

Melihat kejadian itu, Wahyudi yang tak lain merupakan tetangga korban berteriak minta tolong untuk melakukan pemadaman. Namun berbekal alat seandanya, usaha yang ia lakukan tak mampu menyurutkan korban api yang semakin membesar.

Warga pun berinisiatif untuk melaporkan kejadian itu kepada kantor UPT Pemadam Kebakaran. Tak selang lama, dua unit mobil Damkar menuju kelokasi untuk melakukan evakuasi.

Setelah kurang dari 15 menit kobaran api berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar.

Dari hasil menyelidikan, penyebab kebakaran itu lantaran pemilik membakar rumput kering yang ada di samping kandang, dan menyebabkan api merembet lalu membakar seluruh kandang.

”Beruntung tak berselang lama petugas berhasil memadamkan kobaran api yang melalap tiga kandang kambing milik korban,” kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul, Diyono melalui anggota Damkar Wiwit.

Menurut dia, untung saja api tidak menjalar ke rumah utama. Diduga api berasal dari sampah yang dibakar berdekaatan dengan kandang korban.

“Akibatnya seekor kambing, dan seekor ayam jago, serta ayam betina ikut hangus terbakar,” ujarnya.

Wiwit menyebut, atas kejadian itu korban mengalami kerugian mencapai sekitar Rp 5 juta. (Bayu Prihartanto)

Related Post