Balai Bahasa DIY Buka Penyuluhan Bahasa Indonesia

248 views
image

Foto: Istimewa

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Penyuluhan Bahasa Indonesia Media Massa Kabupaten Gunungkidul di Bangsal Sewoko Projo, Kamis (2/11/2017).

Dalam kegiatan tersebut terdapat tiga kelas yang dibuka oleh Balai Bahasa DIY, yaitu Kelas Media Massa, Kelas Media Luar Ruang, dan Kelas Badan Publik.

Narasumber yang datang pada penyuluhan ini diantaranya, Dra Wiwin Erni, dan Darmanto. Mereka memberikan materi terkait Bahasa Indonesia pada media massa, terutama radio di Kelas Media Massa.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran dan sikap positif para pelaku penyiaran radio di DIY terhadap bahasa Indonesia,” ucap Darmanto.

Menurut dia, pelatihan ini juga untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan kreativitas para pelaku penyiaran radio dalam menerapkan pemakaian kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Dan juga untuk menjaring berbagai permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia pada siaran radio di DIY,” lanjut Darmanto.

Topik yang dibahas adalah tentang kedudukan bahasa dalam siaran radio, faktor yang mempengaruhi penggunaan bahasa siara radio, karakteristik media radio, dan kaidah umum penggunaan bahasa dalam siaran radio.

Sementara itu Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan untuk meningkatkan penggunaan bahasa yang baik dan benar perlu adanya upaya yang komperhensif.

“Upaya tersebut dapat melalui aturan dan juga petunjuk teknis berbahasa yang baik dan benar sekaligus cara memperbaiki bahasa Indonesia supaya benar,” paparnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post