Balai Besar Kembangkan Jaringan Melalui Rehabilitasi Berbasis Keluarga

164 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof. Dr. Soeharso Surakarta pada tahun anggaran 2019 melaksanakan kegiatan “Rehabilitasi Sosial Berbasis Keluarga (RSBK)” di wilayah Jawa Tengah; Jawa Timur; Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Bali.

Hal ini dilakukan dalam rangka memperluas jangkauan pelayanan rehabilitasi sosial kepada penyandang disabilitas fisik serta untuk melibatkan peran aktif keluarga penyandang disabilitas.

Diwilayah Provinsi DIY, RSBK dilakukan di Kabupaten Gunungkidul. Hal tersebut disampaikan kepala BBRSPDF saat melakukan audiensi dengan stakeholder daerah Kabupaten Gunungkidul, Kamis, (04/07/2019).

Kepala BBRSDF, Bambang Sugeng bersama jajaran diterima, Asisten I Setda, Drs. Sudodo, M.M., didampingi Kepala Dinas Sosial, Siwi Iriyanti, Kabag Kesra, Azis Saleh, Kabag Protokol dan Rumah Tangga, Susila Marwanta Kabid IKP, Supriyanto bersama staf, di Ruang Rapat Bupati Gunungkidul.

Bambang menyampaikan,awal kegiatan tersebut adalah pemetaan lokasi, potensi penyandang disabilitas fisik mengikuti kegiatan sesuai persyaratan dan koordinasi dengan Dinas Sosial.

“Selain itu,penyandang disabilitas juga harus bekoordinasi dengan perangkat Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa untuk kesiapan bekerjasama dalam kegiatan RSBK di wilayahnya,” terangnya.

Menurut Bambang, kegiatan RSBK sangat memerlukan dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten; Kecamatan sampai ke desa- desa.

“Kegiatan RSBK juga memerlukan suport dari dinas terkait untuk keberlanjutan peningkatan kemampuan penyandang disabilitas didaerah sebagaimana pemenuhan hak- hak penyandang disabilitas,”ujarnya.

Sementara hak para penyandang disabilitas telah diatur dalam Undang-undang RI Nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.

Kegiatan RSBK akan dilaksanakan di daerah setelah dilaksanakan identifikasi oleh BBRSPDF dan setelah ada penentuan bersama antara BBRSPDF dan pemerintah setempat tentang segala hal terkait dengan teknis pelaksanaannya. (Santi)

Related Post