Bangsal Sewoko Projo Akan Direvitalisasi

107 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Mulai Tahun 2019, Bangsal Sewoko Projo akan dikembalikan bentuk aslinya seperti pada awal pendirian.

Hal itu seiring munculkan penetapan di tahun 2017 bahwa bangunan tersebut sebagai warisan budaya.

“Mulai awal 2019 bangunan dikompleks Sewoko Projo yang tidak termasuk pendirian lawas akan dipangkas dan akan mulai direvitalisasi,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunung Kidul Agus Kamtono, kepada wartawan Rabu (4/4/2018).

Ia mengatakan Bangsal Sewokoprojo dikembalikan ke bentuk semula saat dibangun. Nantinya revitasisasi akan dilakukan dengan mencopot semua ornamen seperti ukiran yang sudah terpasang di dalam bangunan berbentuk joglo.

Kondisi saat ini, bangunan dinilai sudah berubah dari aslinya sehingga proses revitalisasi sangat diperlukan.

“Cat bangunan akan dikembalikan ke asli yakni warna kuning, sedangkan bangunan tambahan di depan joglo akan dibongar,” ucap Agus.

Agus menambahkan, revitalisasi Bangsal Sewokoprojo telah mendapat rekomendasi dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk dijadikan warisan budaya. Oleh karenanya seluruh anggaran yang akan digunakan untuk revitalisasi Bangsal Sewokoprojo diambil dari Dana Keistimewaan (Danais).

“Tidak hanya bagian bangsal saja, revitalisasi akan dilakukan hingga ke seluruh komplek Bangsal Sewokoprojo. Dan semuanya akan dibangun menggunakan danais,” pungkasnya. (Bayu Prihartanto)

Related Post