Bangun Rumah Diatas Sumber Mata Air, Warga Mojo Gelar Upacara Adat

241 views

Gunungkidulpost.com – Semanu – Warga Padukuhan Mojo, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, mengadakan syukuran di komplek Sumber Kecemut, Kamis (17/1/2019).

Kegiatan tersebut digelar setelah selesainya Pembangunan rumah di atas mata air kecemut.

Panitia Pelaksana Tri Handoko mengatakan, Pembangunan rumah diatas mata air kecemut tersebut dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2018 lalu dan selesai pada tanggal 17 Januari 2019 kemarin. Pembangunan tersebut telah menghabiskan dana lebih dari 18 juta yang diperoleh dari donatur swadaya masyarakat.

Pemembangun rumah diatas mata air tersebut bertujuan agar daun yang jatuh tidak masuk kedalam mata air yang nantinya bisa menyebabkan tersumbatnya air yang keluar dari situ.

“Seusai pembangunan kemarin, kami dan masyarakat melakukan tasyukuran dengan membuat 8 ingkung ayam dan sore hari nanti kita akan mengadakan pertunjukan Reog Turonggo Manunggal Suci dari Padukuhan mojo sendiri,” katanya Kamis (17/1/2019) siang.

Sementara itu, Kasi Kesra Desa Ngeposari, Kristiani mendukung penuh dalam kegiatan ini, Pasalnya, dalam pembangunan tersebut sangat bermanfaat yang sebagaimana sampah dedaunan yang jatuh dari atas tidak masuk ke air.

“Dengan begitu, kemurnian sumber kecemut akan tetap terjaga dan tidak merusak keasrian area mata air yang mempunyai sejarah dan warisan budaya itu,” katanya.

Ia menjelaskan, mata air kecemut sendiri mempunyai sejarah yang kuat terjadinya Dusun Mojo sendiri. Dimana dulu, sebelum ada PDAM warga di mojo dan sekitarnya mengambil air dari tempat tersebut.

“Konon sumber mata air kecemut pada zaman dahulu pernah di singahi Brawijaya dalam pelariannya, jadi kita akan tetap melestarikan sejarahnya,” jelasnya. (Heri)

Related Post