Bangunan Termakan Usia, Ratusan Ruang Kelas Rusak Berat

537 views

Ilustrasi.net



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Bangunan usang, sebanyak ratusan ruang belajar sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Kabupaten Gunungkidul saat ini kondisinya rusak berat.

Sekertaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) kabupaten Gunungkidul, Bahron Rosyid mengatakan, berdasarkan data dari Dinas, ada sekitar 190 ruang kelas dari SD hingga SMP yang kondisinya rusak berat. Rusaknya ruang kelas itu ditengarai karena bangunanya sudah termakan usia.

“Kebanyakan memang kondisi bangunan sudah tua. Seperti tembok bangunan sudah retak serta atap maupun lantainya juga sudah jebol,” katanya, Rabu (26/10/2016).

Untuk itu, kata Bahron, pihak Dinas sendiri sudah mengajukan kepada pemerintah untuk melakukan rehabilitasi bangunan. Anggaran rehab tersebut akan diambil dari dana alokasi khusus (DAK), APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten.

“Sudah kita anggarkan untuk perbaikan yang kategorinya memang rusak berat,” ujarnya.

Pada tahun 2016 ini, lanjut Bahron, pihaknya sudah melakukan perbaikan. Untuk jumlahnya sekitar 60 sekolah, ditargetkan akan selesai secepatnya. “Kisaran 180 ruang yang diperbaiki termasuk yang rusak berat dan ringan,” pungkasnya. (Nena)

Related Post