Banjir di Semanu Gunungkidul, Akses antar Desa Tertutup

265 views

Gunungkidulpost.com – Semanu –
Hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Semanu, Minggu (17/1/2019) kemarin, membuat banjir di sejumlah titik. Jalan penghubung antar desa juga terendam banjir dan tak dapat dilalui.

Berdasarkan pantauan, jalan penghubung di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, tak dapat dilalui akibat genangan air setinggi satu meter lebih merendam badan jalan.

Genangan berasal dari luapan air Telaga Sruweng yang membludak setelah didera hujan semalam.

Luapan air juga membanjiri lahan pertanian yang ada di sekitar telaga.

Salah seorang warga Dusun Jasem, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Eko, menceritakan, hujan turun sejak Minggu kemarin. Hingga pukul 21.00 WIB, hujan tak kunjung reda.

Air di Telaga Sureng di Desa Pacarejo pun terus meninggi, sampai meluap hingga mengalir ke jalan-jalan dan wilayah desa.

Sejumlah jalan penghubung pun terendam dan tak dapat dilalui.

“Hujan sudah dari kemarin, dan tidak berhenti. Diduga lewang tertutup hingga mengakibatkan luapan air terjadi,” ujarnya.

Akses jalan yang tak dapat dilalui membuat warga harus menggunakan transportasi tradisional untuk melewati kawasan tersebut.

“Akhirnya warga berinisiatif untuk menebrangkan warga yang telah terisolir dengan alat tradisional ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pacarejo Semanu Suhadi mengaku pihaknya tengah mendata warga terdampak banjir. Nantinya bersama pertugas gabungan akan mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjjr.

“Saat ini kami lakukan evakuasi dan pendataan, jumlahnya belum bisa memastikan tunggu hasil pendataan nanti,” tutup Suhadi. (Bayu)

Related Post