Bank Plecit Berkedok Koperasi Segera Ditertibkan

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Bank Plecit atau jasa peminjaman uang yang berkedok koperasi hingga saat ini sangat meresahkan warga. Hal itu lantaran membandrol bunga yang tinggi sehingga sangat mencekik masyarakat kalangan menengah ke bawah.

“Pada dasarnya koperasi itu pro rakyat, kalau ada bank plecit berkedok koperasi itu berbahaya dan membebani, ya lebih baik ditutup saja,” kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Gatot Saptadi kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (20/7/2017) kemarin.

Untuk mengantisipasi perkembangan lebih jauh, pemerintah akan mengawasi koperasi simpan pinjam yang bersifat mingguan. Hal itu lantaran disinyalir mengarah pada sifat dari bank plecit yang telah membandrol bunga yang tinggi.

“Kami.akan menyelidiki bagaimana aktifitas koperasi yang memberikan bunga yang tinggi dan adanya indikasi mengarah ke bank plecit,” bebernya.

Selain itu, koperasi yang tidak pernah mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), diindikasikan sebagai koperasi yang tidak sehat. Nantinya jika terdapat seperti ini akan dilakukan penutupan.

“Misalnya ada kegiatan pinjaman dengan bunga tinggi sampai mencekik warga apalagi dengan berkedok koperasi akan kami tindak secara tegas,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post