Bank Sampah Mulai Digagas, Ini Tujuannya

318 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Hingga saat ini permasalahan sampah masih menjadi beban Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul. Hal itu membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH), terus berupaya mendorong lahirnya bank sampah di desa-desa.

Kepala DLH Gunungkidul, Agus Priyanto mengatakan, pihaknya mendorong lahirnya bank sampah untuk mengatasi persoalan sampah yang belum sempurna hingga saat ini.

“Obsesi membentuk bank sampah adalah tahapan yang kita lakukan untuk menangani permasalahan sampah,” ujar Agus, kepada wartawan, Selasa (13/3/2018).

Keberadaan bank sampah nantinya juga diharapkan Agus, justru membuat pikiran masyarakat membuat sampah semaunya. Dia berharap dengan adanya bank sampah tersebut dapat mengelola sampah dengan baik.

“Jangan sampai masyarakat berpikir buang sampah, atau buang sampah semaunya tidak masalah karena ada yang mengurusi, tetapi harus bisa berfikir bagaimana mengelola sampah dengan baik dan menghasilkan,” ungkapnya.

Saat ini DLH tengah gencar untuk menciptakan daerah bebas sampah, baik melalui sosialisasi, geropyokan sampah, maupun kegiatan lainnya.

“Salah satu desa yang sudah ada bank sampah yaitu Desa Sawahan, Ponjong. Dan kami harapkan desa-desa lainnya mulai memiliki bank sampah seperti Desa Sawahan,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post