Bantuan Pangan Non Tunai Belum Sesuai Harapan

270 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pembagian kartu bantuan pangan nontunai (BPNT) pengganti program beras sejahtera di wilayah Kabupaten Gunungkidul hingga saat ini belum selesai.

Hal itu lantaran proses rekapitulasi dari pihak bank belum mencapai 100 persen.

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Gunungkidul Subarno di Gunungkidul mengatakan kartu BPNT sudah dibagikan kepada warga.

Namun demikian, pihaknya belum mengetahui jumlah yang disalurkan karena menunggu Bank Mandiri selaku lembaga perbankan penyalur BPNT memperbarui data.

“Sampai dengan saat ini bank tersebut masih pada tahap melakukan proses rekapitulasi. Prinsipnya, sebanyak 88.267 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat segera menerima BPNT,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (30/4/2018).

Ia menuturkan, terkait dengan program baru kendala kondisi di lapangan di antaranya kartu tidak bisa digesek ke Electronic Data Capture (EDC) dan sinkronisasi data yang masih diperbaiki.

“Ke depan dapat berjalan dengan lancar dan target distribusi kartu kurang lebih 88 penerima sasaran dapat tersalur secepatnya,” ujarnya.

Subarno mengatakan di Gunungkidul mencapai 88.267 KPM. Dari jumlah tersebut, ada 9.044 KPM yang dicoret karena dinilai tidak layak menerima bantuan.

Ia menjelaskan bahwa pencoretan tidak mengubah kuota karena jumlahnya tetap sama. Hanya saja penerima bantuan ada perubahan karena disesuaikan dengan hasil validasi yang di lapangan oleh pemerintah desa.

“Jumlahnya tetap 88.257 keluarga yang menerima, sedang yang dicoret sebanyak 9.044 KMP ini digantikan pengganti,” kata dia.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Desa Semoyo, Wiji Rohadi, mengatakan penerima program BPNT versi pemerintah berbeda dengan data dari hasil musyawarah desa.

Oleh sebab itu, pihaknya memilih menunggu persoalan tersebut diselesaikan terlebih dahulu.

“Seluruh perangkat sementara ini memutuskan tidak akan `meng-entry` data melalui Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation,” pungkasnya. (Bayu Prihartanto)

Related Post