Banyak Anak Kecil Terlibat Dalam Kampanye Politik

101 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunungkidul menyoroti banyaknya simpatisan yang membawa anak di bawah umur saat penyelenggaraan kampanye terbuka dimulai.

Divisi Penegakan dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Gunungkidul, Sudarmanto menuturkan pihaknya mendapati adanya keterlibatan anak-anak di bawah umur menghadiri kampanye rapat umum.
Meskipun dirinya tidak menyebutkan dari partai politik mana namun pihaknya mendapati banyak anak-anak yang mengenakan atribut partai.

“Di lapangan orangtua malah mengajak ke acara kampanye mereka beralasan kalau di rumah tidak ada orang sehingga terpaksa membawa anak-anak mereka yang masih dibawah umur,” katanya, Rabu (10/4/2019) kemarin.

Pihaknya mengimbau kepada orangtua untuk mencopot atribut partai yang dikenakan anak atau mengajak pulang anak hal tersebut juga berlaku bagi anak yang hadir masih menggunakan seragam sekolah.

Menemui hal tersebut, Bawaslu tak dapat menindak pelibatan anak dalam masa kampanye rapat umum.

Sebab, ada aturan Undang-undang no 7 tahun 2017 yang tidak menjelaskan secara spesifik terkait larangan dan sanksi jika melibatkan anak-anak dalam kampanye.

“Tapi prinsip, tetap tidak boleh karena ada ketentuan lain yang tidak memperbolehkan (pelibatan anak dalam kampanye) yaitu undang-undang perlindungan anak,” kata Sudarmanto.

Meski tidak bisa efektif dalam pencegahan secara langsung namun hal tersebut dapat untuk menekan terjadinya kasus serupa.

“Pasti ya kita buat surat himbauan kepada tim (kampanye), dan pelaksanaanya tidak boleh melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, perangkat desa dan anak-anak,” kata dia.

Ia menambahkan, sebisa mungkin pihaknya melakukan pengawasan meski imbauan telah diberikan.
Sebab, Bawaslu RI, kata Sudarmanto telah melarang ASN terlibat kampanye meski hanya datang di lokasi.

“Kami akan mengawasi selama pelaksanaan kampanye ini, dan jika ada yang melanggar akan kita tindak tegas,” tutupnya. (red)

Related Post