Banyak Jalan Rusak, Ketua DPRD Desak Pemkab Segera Lakukan Perbaikan

206 views

Gunungkidulpost.com – Semanu – Belasan tahun tidak dilakukan perbaikan kondisi ratusan kilometer jalan kabupaten akan segera diperbaiki.

Kepala Dusun Nitikan Timur, Desa Semanu, Kecamatan Semanu, Depi Nugroho, mengatakan jalan utama di dusunnya sebagian besar rusak parah, dan sejak belasan tahun lalu tidak pernah diperbaiki.

Jalan tersebut sebagai urat nadi bagi warga, sehingga perekonomian terganggu sejak jalan tersebut rusak.

“Saat ini kondisi jalan rusak parah. Jalan utama dusun ini yang terakhir diperbaiki 10 tahun lalu,” katanya kepada wartawan, Senin (19/3/2018).

Sementara itu, Ketua DPRD Gunungkidul, Suharno mengatakan disejumlah titik jalan rusak atas laporan warga dan juga hasil temuannya saat melakukan kunjungan ke daerah.

Tak hanya jalan desa atau kabupaten, sejumlah akses wisata pun rusak parah seperti menuju pantai Sepanjang, dan sejumlah

“Hari ini saya langsung mengajak dari DPUPR (Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman), agar segera diperbaiki,” ucap Suharno.

Menurut Suharno, Pemerintah seharusnya tanggap dan responsif terhadap keluhan masyarakat, dan wisatawan yang seringkali mengeluhkan akses jalur wisata rusak.

“Sebaiknya kita harus lebih peka akan kondisi jalan yang seperti ini jalangan sampai ini menjadi hampatan wisatawan untuk enggan berkunjung lagi,” paparnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari DPUPR Gunungkidul terakhir, 1.200 kilometer jalan kabupaten, 40 persennya atau sekitar 480 kilometer panjang jalan dalam kondisi layak.

Sisanya sebanyak 60 persen atau 720 kilometer panjang jalan mengalami kerusakan. Dari hitungan itu, ada 20 persen (Sekitar 240 Km) jalan yang rusak berat. (Bayu)

Related Post