Banyak Jalan Yang Rusak, Begini Tanggapan DPU

370 views

image

Jalan rusak. (Foto: Maya)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jalan merupakan akses penunjang perekonomian tertinggi di daerah. Namun dengan banyaknya jalan yang rusak, membuat Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gunungkidul harus memutar otak. Dari 686 kilometer jalan skala kabupaten yang ada, terdapat ratusan kilometer yang mengalami rusak sedang hingga berat.

Kepala dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gunungkidul Edy Praptono menyampaikan, panjang jalan di Gunungkidul mencapai 686 kilometer. Dari panjang tersebut data 2015 ada 92,18 kilometer rusak parah, 51,14 kilometer rusak sedang, dan 63,53 kilometer Rusak ringan. 

“Dari data kami total jalan yang rusak ada 206,46 kilometer,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (21/11/2016).

Eddy menguturkan, pihaknya terus berupaya melakukan perbaikan jalan, namun hal itu dengan keterbatasan anggaran pihaknya harus memutar otak untuk mewujudkan harapan masyarakat mengenai perbaikan jalan kabupaten.

“Anggaran dari APBD Gunungkidul untuk tahun ini sebesar Rp 2 milyar, besarnya anggaran ini tidak cukup untuk memperbaiki semua ruas jalan yang rusak,” jelasnya. 

Menurut Edy, anggaran tersebut tidak bisa menyelesaikan sejumlah ruas yang mengalami kerusakan. Pihaknya berharap, untuk tahun anggaran 2017 mendatang anggaran dapat meningkat, sehingga dapat dipergunakan untuk memperbaiki semua ruas jalan yang tergolong rusak.

“Saya harap pada tahun 2017 mendatang alokasi anggaran ditambah guna memenuhi kebutuhan perbaikan jalan tersebut,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post