Banyak Keluhan, PDAM Tirta Handayani Siap Atasi Masalah Air

32 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pasokan air kurang lancar menuai permasalahan dikalangan masyarakat. Sehingga sejumlah tempat seperti di Desa Krambilsawit, Saptosari mengalam8 kekeringan.

Belum lama ini hal serupa juga menimpa Desa Hargosari, Tanjungsari.
Akan tetapi tidak serta merta lantaran stok berkurang. Namun instalasi pipa yang mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, menanggapi keluhan yang dihadapi pelanggannya, PDAM Tirta Handayani siap mengatasi permasalahan asupan air tersebut.

Direktur Utama PDAM Tirta Handayani, Isnawan Fibriyanto mengaku permasalahan tersebut terjadi lantaran adanya kerusakan dua pompa di sumber air Bribin yang belum dapat beroperasi.

Hal serupa juga dialami di wilayah sumber air Pantai Baron. Alasannya pompa dengan kapasitas debit air rendah untuk pengaliran di dataran tinggi kurang maksimal.

“Dalam waktu dekat ini akan kita ganti dengan pompa air dengan kapasitas tinggi, karena sebenarnya Bribin dan Baron ini merupakan saling terkondisi, untuk Bribin sendiri dalam proses pengerjaan,” ujar Isnawan.

Isnawan mengatakan permasalahan air cukup komplek, mulai dari lokasi geografis yang berbeda, ada yang membutuhkan bentang pipa yang panjang. Termakannya usia pipa, memicu semakin mudahnya pipa bocor. Selain itu tidak stabilnya daya listrik, memicu kerusakan mesin pompa.

Disinggung mengenai kerusakan di wilayah Hargosari, Isnawan mengungkapkan PDAM sudah mengupayakan dengan menambah sumber air pasokan dari wilayah Wilayu 2 dengan debit air 6,7 per detik. Besar harapan air tersebut bisa masuk dengan lancar ke daerah yang membutuhkan.

“Dengan terpasangnya dua mesin pompa di Bribin dan Baron yang ditambahkan debitnya harapanya tentu wilayah di daerah Tepus dan Rongkop yang dari Baron itu bisa lebih lancar, disamping Baron sendiri harus bisa mencover Paliyan,” pungkasnya. (G1)

Related Post