Banyak Keluhan, RSUD Wonosari Mulai Dibik

51 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Banyaknya keluhan masyarakat mengenai pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari yang kurang menyenangkan membuat Komunitas Perempuan Peduli Pelayanan Publik (KP4), yang merupakan sahabat Ombusdman Republik Indonesia (ORI) harus turun tangan, Kamis (19/4/2018).

Monitoring tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat dan hasil diskusi dari anggota KP4. Dari monitoring tersebut pihak KP4 belum dapat menyimpulkan bagaimana temuan yang ada. Namun menurut Koordinator KP4, Retnoningsih dalam monitoring awal ini cenderung ada perbaikan pelayanan.

Salah satu yang menjadi perhatian terkait ruang laktasi terlampau jauh dari ruang tunggu sehingga saat menyusui orangtua pasien tidak dapat mendengar panggilan dari tempat informasi.

“Temuan kami satu diantaranya ruang laktasi yang terlalu jauh dari ruang tunggu,” katanya kepada wartawan.

Sementara itu Kepala ORI DIY, Budhi Masturi mengatakan disetiap Kabupaten mempunyai mitra yang disebut sahabat Ombusdman yang memiliki program sendiri untuk observasi pelayanan publik.

“Kali ini KP4 memilih untuk memonitoring fasilitas kesehatan,” ucapnya.

Menurutnya data hasil observasi yang dilakukan KP4 dapat diolah menjadi satu klasifikasi apakah RSUD sudah patuh terhadap UU.

Dia menambahkan, jika ada hasil temuan nanti akan dibahas dalam waktu dekat bersama Direktur RSUD, Dinas Kesehatan (Dinkes), dan berbagai stakeholder, serta tokoh masyarakat untuk membahas hasil temuan untuk perbaikan kedepan.

“Nanti dapat dilihat apakah hasilnya RSUD telah patuh memenuhi apa yang diamatkan UU No 25 tahun 2009 tentang standar pelayanan public,” pungkasnya. (Bayu Prihartanto)

Related Post