Banyak Kinerja Desa Kurang Beres, Dewan Mulai Gagas Raperda BPD

image

Ruang Sidang DPRD Gunungkidul. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Gunungkidul berencana membuat Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Rencananya raperda ini dimasukan dalam program legislasi daerah di 2018 mendatang.

Salah satu anggota Komisi A DPRD Gunungkidul, Sarmidi mengatakan pihaknya berinisiatif membuat Raperda tentang BPD. Diharapkan dengan pembuatan peraturan ini dapat memaksimalkan hubungan antara perangkat dengan anggota BPD dalam proses pelaksanaan program kegiatan yang dimiliki desa.

“Saat ini dilakuknnya penyusunan  Raperda Inisiatif tentang BPD dan Dewan pun berharap segera disahkan,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (5/6/2017).

Dasar lain untuk menyusun peraturan tersebut tidak lepas adanya beberapa kasus yang menunjukan ketidakharmonisan antara BPD dan desa. Permasalahan ini memberikan dampak yang buruk terhadap kinerja di pemerintahan desa sehingga banyak program yang dimiliki tidak berjalan dengan maksimal.

“Banyak program yang dimiliki oleh desa tidak berjalan dengan maksimal, sehingga dengan adanya raperda ini diharapkan mampun berdampak positif bagi seluruh desa,” imbuhnya.

Terpisah, Sekretaris Komisi A DPRD Gunungkidul Ari Siswanto membenarkan komisinya sedang mempersiapkan raperda inisitatif tentang BPD. Saat ini komisinya sedang koordinasi internal untuk mematangkan konsep dari peraturan tersebut.

“Kami sekarang ini dalam tahapan koordinasi untuk membahas raperda ini,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post