Banyak Pelajar Yang Terlibat Kecelakaan, Polres Gunungkidul Fokus Razia Di Kota

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Polres Gunungkidul akan menggelar razia bagi pengendara motor yang cukup umur. Sebab hingga akhir September bulan lalu ada sekitar 7 orang usia belasan tahun tewas dalam kecelakaan lalu lalu. Untuk itu, pihak kepolisian fokus melakukan operasi tersebut di wilayah kota.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Samiyono mengatakan, banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan para pelajar saat ini akan menjadi perhatian khusus oleh pihak kepolisian. Mengingat dari kasus tersebut di dominasi umur kisaran 11-14 tahun. 

“Kondisi ini sangat memprihatinkan, memang butuh perhatian dari semua pihak terhadap kejadian tersebut,” katanya, Sabtu (1/10/2016).

Menurut Samiyono, hingga saat ini, banyak pelajar yang belum cukup umur menggunakan sepeda motor ke sekolah dan banyak terjaring razia. Untuk menekan angka tersebut, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Disdikpora. “Dari koordinasi itu, dilakukan pertemuan dengan pihak kepala sekolah,” ujarnya.

Namun hasil itu ditemukan fakta yang mengejutkan lanjut Samiyono, banyak orang tua yang memberikan sepeda motor kepada anaknya belum cukupm Padahal, diusia pelajar tersebut emosional masih belum stabil. “Cukup kaget karena banyak guru yang mengaku sudah melarang siswa membawa motor ke sekolah. Tapi setahun saat penerimaan siswa baru, jumlah murid yang diterima malah berkurang,” jelasnya.

Selain itu terang Samiyono, kondisi ini bertambah rumit dari segi kondisi geografis dan sarana penunjang transportasi di Gunungkidul saat ini masih minim. Dengan begitu, persoalan yang banyak muncul ini maka akan dilakukan razia motor khusus pelajar di wilayah perkotaan. “Untuk daerah pesisir belum kita lakukan, kita akan fokuskan ke kota yang memiliki sarana transportasi cukup,” pungkasnya. (Nena)

Related Post