Banyak Pesan Bermakna Dipawai Bersih Desa Baleharjo

image

Foto : Istimewa

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Acara Bersih Desa atau lebih sering disebut dengan istilah Rasulan merupakan tradisi yang digelar sebagai wujud syukur atas limpahan rizki yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa berupa hasil panen yang melimpah.

Namun saat ini Rasulan sudah menjadi tradisi yang dilakukan tidak hanya oleh para petani. Seluruh elemen masyarakat di Gunungkidul saat ini sudah menjadikan Rasulan sebagai agenda tahunan.

Begitu banyak acara untuk mengisi kegiatan pada saat Rasulan. Pagelaran seni baik modern hingga tradisional di dipertontonkan untuk memeriahkan acara Rasulan. Seperti halnya yang dilakukan dalam acara Bersih Desa, Desa Baleharjo, Wonosari, Senin,(24/7/2017).

Serangkaian kegiatan Bersih Desa di sambut meriah oleh warga masyarakat sekitar Desa Baleharjo, salah satunya adalah Pawai. Semua terlihat dari antusias warga saat menyaksikan acara yang digelar. Berbagai macam tema mereka tampilkan dalam pertunjukan Pawai.

Yani salah satu warga Baleharjo yang menyaksikan pertunjukan pawai menyampaikan bahwa ada hal yang sedikit nyleneh tapi menarik ketika salah satu peserta pawai membawa papan bertuliskan “Waspada Pencurian Istri”

“Di tengah maraknya aksi pencurian barang berharga,  ternyata banyak yang tidak sadar bahwa menjaga istri ataupun suami sama pentingnya menjaga harta agar terhindar dari aksi pencurian,” ucap Yani sambil tertawa.

Bagi Yani, mungkin ini hanya sekedar lelucon namun perlu diambil maknanya bahwa menjaga keamanan lingkungan itu penting, namun menjaga keluarga juga tidak kalah penting.

Dari beberapa tulisan yang di pertontonkan oleh peserta pawai, mengandung pesan bagaimana kita bisa menekan angka perselingkuhan yang saat ini sering terjadi.

“Saya miris ketika banyak membaca berita kasus perselingkuhan, semoga dengan pesan- pesan ringan melalui pertunjukan pawai seperti ini, para pelaku perselingkuhan yang melihat bisa menyadari bahwa hal itu tidak sepantasnya dilakukan,” jelas Yani.

Pawai berlangsung lancar dengan mengelilingi jalanan di sekitar Wonosari. Hal itu sempat menyedot perhatian ratusan warga yang berjejer di pinggiran jalan untuk menyaksikan pertunjukan Pawai yang di gelar. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post