Banyak Tanah Ambles, Badan Geologi Keluarkan Rekomendasi

126 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Terjadinya tanah ambles di Gunungkidul yang diduga akibat curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini membuat Badan Geologi mengeluarkan beberapa rekomendasi untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Gunungkidul.

Rekomendasi tersebut dikeluarkan setelah melakukan peninjauan pada (14/2) di dua titik tanah ambles.

Kepala BPBD, Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan ada dua titik yang diteliti beberapa waktu lalu dan telah diberikan rekomendasi.

“Pertama untuk di Dusun Serpeng, Desa Pacerojo, Kecamatan Semanu, karena luasnya luweng/amblesan yang terbentuk, agar masyarakat berhati-hati, karena dimungkinkan terjadinya longsor masih cukup besar. Sedangkan untuk tempat yang kedua di Pringluwang, Desa Bedoyo, Kecamatan Ponjong untuk amblesan skala kecil,” katanya kepada wartawan, Selasa (6/3/2018).

Menurut dia, faktor penyebab amblesan di daerah Karst merupakan fenomena alami sebagai bagian dari pembentukan morfologi Karst itu. Pemicu amblesan di lokasi pada awalnya dipicu oleh cuaca ekstrem siklon Cempaka yang menyebabkan banjir dan timbulnya genangan air di Gunungkidul.

“Semua itu lantaran fenomena alam,” cetusnya.

Secara umum Edy mengatakan agar masyarakat tetap waspada terhadap amblesan tanah, namun juga tidak perlu panik dengan kabar yang ada, selalu mengecek berita atau berkordinasi dengan dinas terkait di daerah.

“Kami menghimbau supaya masyarakat tidak panik dan tetap waspada,” tuturnya.

Sebelumnya Sekretaris Desa, Bedoyo, Ponjong, Supanto, yang Desanya juga mengalami dampak tanah ambles itu mengatakan setelah dilakukan pendataan kembali, ternyata ada enam amblesan di desanya.

“Sebelumnya disampaikan ada empat, namun setelah ada pendataan lagi ternyata ada enam amblesan, yang berbeda-beda ukurannya,” jelasnya.

Dia mengatakan kejadian tersebut juga sudah dilaporkan ke BPBD Gunungkidul. (Bayu)

Related Post