Banyak Wakil Rakyat Yang Bolos, Rapat Paripurna DPRD Ditunda

93 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul mengenai pandangan umum fraksi terkait tiga raperda pada Senin (8/4/2019), harus ditunda.

Hal tersebut disebabkan karena jumlah anggota dewan yang menghadiri rapat tidak memenuhi kuorum yang ditentukan.

Rapat tersebut akan membahas pandangan umum fraksi terkait tiga raperda yaitu penyelenggaraan pengujian kendaraan bermotor, retribusi pengujian kendaraan bermotor dan perubahan badan hukum BPR BDG.

Rapat yang dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WIB molor hingga pukul 10.30 dan hanya dihadiri sebanyak 15 anggota dewan.

Sesuai peraturan dalam rapat paripurnaharus dihadiri separuh lebih dari anggota dewan.

Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul, Demas Kursiswanto mengakui sulit untuk berkomunikasi dengan anggota dewan lantaran para anggota dewan sibuk dalam berkampanye.

“Mereka memang saat ini sedang disibukkan dengan adanya jadwal kampanye banyak anggota fraksi yang tidak hadir seperti dari Gerindra, PAN,” katanya, Senin (8/4/2019).

Pihaknya sudah menindaklanjuti perihal banyaknya anggota dewan yang tidak hadir dengan menjadwalkan pada Badan Musyawarah (Bamus).

“KIta tunda rapat kali ini, besok pagi kami akan memanggil para Ketua Fraksi untuk membahas masalah ini,” paparnya.

Demas melanjutkan, tidak hadirnya para anggota dewan murni karena kesibukan menjelang Pemilu 2019.

“Tidak ada masalah antar anggota, memang sudah ada jadwal kampanye tatapi terkait jadwal nasional kita tidak tahu. Kita langsung merubah jadwal yang siudah di-Bamus-kan,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Gunungkidul, Agus Hartadi mengatakan, keputusan penundaan kali ini merupakan keputusan bersama anggota yang hadir dalam rapat hari ini.

“Menurut aturan, memang ada tiga kali masa skorsing sebelum sidang ditentukan untuk ditunda. Akan tetapi berhubung kondisi yang situasional dan telah disepakati bersama, maka hal tersebut tidak masalah,” tutupnya. (Bayu)

Related Post