Banyaknya Tanah Bermasalah, Pemkab Mulai Melangkah

258 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Banyaknya tanah yang bermasalah di wilayah Kabupaten Gunungkidul mendorong Pemkab untuk bertindak cepat. Hal itu salah satunya membuat inventarisasi terhadap aset tanah milik pemkab yang masih bermasalah.

Melalui Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunungkidul akan segera melakukan pendataan, atas kepemilikan tanah juga untuk meminimalisir adanya sengketa.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunungkidul Winaryo mengakui belum semua aset tanah milik pemkab memiliki bukti kepemilikian yang sah. Hal ini bisa terlihat di salah satu kasus, yakni sengketa tanah untuk pembangunan SD di Desa Kampung, Ngawen.

“Untuk lebih jelas, kami akan melakukan pendataan. Sebab, di tempat lain ada masalah seperti yang terjadi di SD di Ngawen,” kata Winaryo, Sabtu (26/1/2019) kemarin.

Ia mengatakan pendataan bertujuan untuk mengurangi potensi sengketa. Di sisi lain, kepemilikan aset, baik yang melalui proses pembebasan atau tukar guling sangat penting agar terhindar dari masalah.

Winaryo menambahkan, untuk kasus di Ngawen potensi masalah mencuat karena ahli waris merasa masih memiliki hak atas tanah tersebut. Di sisi lain, pada saat tukar guling juga belum selesai hingga tuntas.

“Jadi, kalau sudah memiliki bukti kepemilikan yang sah maka hak atas lahan tidak dapat diganggu gugat,” ujarnya.

Kepala Bidang Pertanahan, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunungkidul Agus Nurcahyo menambahkan potensi aset bermasalah hampir terjadi setiap desa sehingga ini harus diselesaikan. Dasar penyelesaian mengacu pada Peraturan Gubernur No.34/2017 tentang Pemanfaatan Tanah Desa.

“Makanya kita data, dicari mana yang bermasalah. Setelah itu diselesaikan hingga terbitnya sertifikat,” tutupnya. (Bayu)

Related Post