Banyusoco Resmi Buka Destinasi Wisata Baru

690 views
image

Foto: istimewa

Gunungkidulpost.com – Playen – Destinasi wisata Rafting yang ada di Desa Banyusoco, kecamatan Playen resmi dibuka. Destinasi baru dengan bendera Distarting Point Rafting Banyusoco tersebut memiliki panjang hingga 14 kilometer.

Dalam acara pembukaan itu dihadiri langsung oleh Bupati Gunungkidul, Badingah.

Kepala Desa Banyusoco Sutiyono mengatakan, Track rafting di kawasan Banyusoco memiliki panjang 14 km dengan jarak tempuh kurang lebih 2,5 jam. Dengan rute start padukuhan Banyusoco dan finish Padukuhan Kedungwanglu wisata rafting ini didampingi para pemandu yang sudah banyak belajar dari para pemandu yang sudah berpengalaman dari Jawa Tengah.

“Kami membuka destinasi wisata baru ini bertujuan untuk mengangkat potensi desa,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (24/4/2017).

Menurutnya, ada beberapa obyek wisata yang saat ini dikembangkan di Desa Banyusoco antara lain offroad yang berada di Dusun Ketangi, Air Terjun Gedad, Camping Ground di Dusun Kedungwanglu serta Distarting point rafting. Semua akan dikelola melalui BUMDES Bangkit yang akan diresmikan pada bulan April 2017. 

“Semua kami kelola melalui BUMDes,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi inisiatif warga untuk mengembangkan potensi desa. Hal itu juga menjadi daya dorong wisatawan yang hadir ke Gunungkidul.

“Sesuai dengan visi misi Bupati, Pemerintah Daerah berupaya mendukung kreativitas kegiatan pemberdayaan masyarakat pada sektor pariwisata, seperti halnya pada destinasi wisata Rafting yang ada di Desa Banyusoco Playen,” tuturnya.

Menurutnya, bangkitnya kawasan wisata selain untuk mengedepankan potensi desa juga untuk menjamin kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini tentunya sangat patut diapresiasi dan ia pun berharap destinasi wisata baru ini harus dikelola dengan baik supaya menjadi lebih maju dan dikenal oleh wisatawan luar daerah.

“Harus ada pengelolaan yang baik untuk memajukan destinasi wisata baru,” pungkasnya.(Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post