Barang Bawaan Calon Haji Ke Tanah Suci Akan Diperketat

155 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Sebanyak 237 jamaah haji asal Gunungkidul siap diberangkatkan pada Jumat (12/7/2019) mendatang.

Informasi yang dihimpun dari Kantor Kementrian Agama mencatat bahwa terdapat salah satu jamaah haji tertua diantara jamaah yang lain.

Calon haji tersebut yakni atas nama Trisno Sudibyo Poirono (89 th) yang merupakan warga Ponjong. Sedangkan jamaah haji termuda yakni Shafira Desga Saputra (19 th) merupakan warga Siyono.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementrian Agama Kabupaten Gunungkidul Muhammad Yusuf, menjelaskan ada beberapa barang bawaan yang dilarang pemarintah Arab Saudi adalah cairan yang melebihi 100 ml, senjata tajam, korek api dan barang bawaan tidak boleh lebih dari 35 kg.

Menurut dia, rokok diperbolehkan tetapi sewajarnya dalam membawa, obat-obatan rutin dalam jumlah yang banyak sebaiknya dititipkan ke dokter kloter.

“Uang sebaiknya jangan disimpan di koper, untuk keamanan uang tersebut, sebaiknya disimpan uang dalam tas tenteng.” jelasnya saat ditemui Gunungkidulpost.com, Selasa (9/7/2019).

Muhammad Yusuf mengatakan, persiapan dari kesehatan jemaah haji Gunungkidul saat ini dapat berangkat semuanya dalam keadaan sehat.

“Alhamdullilah jamaah haji Gunungkidul semuanya siap diberangkatkan dalam keadaan sehat, istitoah artinya mampu secara kesehatan dan sudah diijinkan oleh dinas kesehatan melalui dokter kesehatan terkait.” ungkapnya.

Dia berpesan agar pada saat di Tanah Suci jamaah haji memperhatikan kesehatannya mengingat suhu di Arab Saudi mencapai 40 drajat celsius.

“Jamaah haji harap senantiasa membawa payung, semprotan air, minuman berupa air mineral jangan yang manis-manis, dan setiap 10 menit harus minum agar tidak dehidrasi. Tak lupa agar di sana nanti mengecek kesehatan setiap 2 atau 3 hari sekali walaupun tidak merasa sakit.” tutupnya.

Dirinya menghimbau, kepada jamaah haji sebelum pemberangkatan pada jumat esok supaya melaksanakan sholat Jumat di masjid Al-Iklas Wonosari dan selanjutnya akan dilepas pemberangkatnya oleh Bupati Gunungkidul. (Falentina)

Related Post