Batu Purbakala Ditemukan Warga Dibawah Galian Tanah

71 views

Gunungkidulpost.com – Paliyan – Batu berbentuk kotak dan bulat, dengan lubang ditengah yang diduga ada sejak jaman purba ditemukan dibawah galian tanah dipertengahan sawah di Desa Kenteng, Dusun Karangasem, Kecamatan Paliyan.

“Warga sempat penasaran dan datang untuk melihat penemuan batu tersebut,” kata Dukuh Karangasem Sarjono, Rabu (8/8/2018).

Sarjono menceritakan, batu tersebut ditemukan ketika backhoe yang akan membangun jalan di tengah sawah melakukan pengerukan. Namun seolah terhalang sesuatu, setelah dicek ternyata didalam tanah tersebut terdapat batu putih yang nampak tersusun.

“Setelah batu ditemukan, dengan backhoe batu terus dicoba diangkat dari dalam tanah. Anehnya, ketika berhasil diangkat batu tersebut menempel pada backhoe, dan tidak bisa dijatuhkan,” terangnya.

Ada kurang lebih 6 buah batu yang ditemukan dan dari keseluruhan tidak ada bekas-bekas pahatan. Saat ini belum ada tim arkeolog yang datang untuk meneliti batu tersebut.

Sementara itu, pemilik lahan Harjo Winoto (55) mengatakan, batu tersebut sebenarnya sudah ada semenjal ia kecil, dan ditemukan oleh sang ayah.

“Dulu hanya didiamkan saja seperti batu biasa,” katanya.

Kedepannya pihaknya akan memberikan tempat untuk mengamankan batu tersebut. (Santi)

Related Post