Batu Raksasa Diatas Tebing Segera Diturunkan

470 views
image

Kondisi Tebing Masih Mengancam Warga. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Ngawen – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul terus melakukan kajian untuk menurunkan batu yang masih berada di puncak bukit Gunung Butak di Padukuhan Jentir, Desa Sambirejo, Ngawen.

Hal itu dilakukan supaya keberadaan batu tidak membahayakan warga setempat.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul, Sutaryono mengatakan, pihaknya masih melakukan kajian untuk menurunkan batu raksasa yang masih menempel dipuncak gunung.

“Ini masih dalam kajian, karena batu besar ini masih menempel di puncak gunung dan sangat membahayakan,” ujarnya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat(10/3/2017).

Dia menuturkan, upaya penurunan ini tidak akan mudah. Lantaran posisi batu besar di puncak gunung tersebut terdapat retakan dibagian tengah.

“Tidak mudah untuk menurunkan batu tersebut, karena posisi batu juga condong ke bawah atau tepat diatas pemukiman warga,” katanya.

Sementara itu, Camat Ngawen Supadmo mengatakan, batu yang masih diatas harus diturunkan karena  sangat berbahaya terjadi longsor susulan. Menurutnya, setelah batu diturunkan warga yang terdampak akan  merasa tentram dan akan kembali ke rumahnya masing-masing.

“Harus segera diturunkan, dan kegiatan penambangan batu supaya ditutup,” tandasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post