Bawaslu Buka Lowongan Pengawas TPS

179 views






Gunungkidulpost.com – Wonosari – Bawaslu Gunungkidul membuka pendaftaran pengawas tempat pemungutan suara (TPS) mulai Senin (11/2/2019) hingga Kamis (21/2/2019).

Total kebutuhan pengawas yang akan menempati diberbagai TPS berjumlah 2.718 orang. Proses pendaftaran dilayani di kantor Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) yang ada di setiap kecamatan.

Ketua Bawaslu Gunungkidul, Is Sumarsono, mengatakan pembentukan pengawas TPS merupakan upaya yang dilakukan Bawaslu untuk memaksimalkan peran pengawasan dalam tahapan pemilu, khususnya saat pemungutan suara. Menurut dia sebelum rekrutmen dilakukan Bawaslu membuat pengumuman untuk pendaftaran.

“Pengumuman sudah selesai dan saat ini sudah masuk ke tahap pendaftaran. Rencananya pendaftaran dibuka hingga Kamis pekan depan,” kata Is Sumarsono kepada wartawan, Kamis (14/2/2019).

Dia menjelaskan kebutuhan pengawas TPS di Gunungkidul mencapai 2.718 orang. Namun demikian di dalam rekrutmen ada kewajiban batas minimal pendaftar di setiap TPS yakni dua orang.

“Jadi pada saat pendaftaran paling sedikit ada 5.436 orang yang mendaftar,” ujarnya.

Is Sumarsono berharap masyarakat di Gunungkidul bisa berpartisipasi untuk mendaftar sebagai calon petugas TPS. Menurut dia partisipasi ini bentuk kepedulian masyarakat terhadap pengawasan dalam pemilu.

Untuk rekrutmen ada beberapa tahapan yang harus dilalui para pendaftar. Selain penelitian administrasi kelengkapan berkas, dilaksanakan wawancara.

“Untuk pendaftaran dilayani di kantor panwascam yang ada di setiap kecamatan. Kami berharap masyarakat bisa berpartisipasi,” imbuhnya. (Bayu)

Related Post