Bawaslu Temukan 5 Kasus Dalam Penghitungan Suara

45 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunungkidul temukan setidaknya 5 kasus dalam pemungutan suara pada hari Rabu, (17/4/2019) kemarin.

Kelima kasus tersebut antar lain netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), dugaan money politik, dan perusakan suara di samping itu pihaknya juga menemukan surat suara tercampur.

Ketua Bawaslu Gunungkidul Is Sumarsono, Rabu petang mengatakan, sejauh ini ada lima kasusu

“Ke 5 kasus tersebut tersebar di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Semanu dan Wonosari besok kita bersama Gakumdu akan lakukan investigasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Bawaslu DIY Temukan Banyak Persoalan dalam Pemilu 2019
Ia menjelaskan untuk surat suara yang tertukar Daerah Pilihan (Dapil) pihaknya akan mengundang Panwascam untuk berkoordinasi lebih lanjut dan sudah ada surat edaran bersama Bawaslu dan KPU RI.

Disebutkan bahwa surat suara yang tertukar dapil dan sudah tercoblos maka dianggap sah dan menjadi suara partai.

“Hanya yang terjadi di lapangan ini (Gunungkidul) cukup banyak dan dianggap oleh beberapa caleg itu merugikan,” jelasnya.

Is Sumarsono mengungkapkan selain ditemukannya 5 kasus tersebut pihaknya juga menemukan kasus pembakaran surat suara di Karangmojo.

“Memang ada tadi terjadi pembakaran surat suara kebetulan tadi kami saat melakukan monitoring bersama Forkominda, dan besok juga akan masuk dalam investigasi,” katanya.

Sementara itu Ketua KPPS TPS 09 Dusun Jaranmati, Karangmojo, Karangmojo, Sarno menjelaskan, peristiwa pembakaran terjadi pada rabu (17/4/2019) pukul 12.00 WIB.
Pada saat itu, petugas curiga karena mencium bau terbakar dari bilik yang digunakan mencoblos.

“Sekarang baru proses penyelidikan oleh petugas, kami masih menungu hasil selanjutnya,” tutup Sarno. (Bayu)

Related Post