Bayi Lahir Langsung Dapat Akta


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul akan menggandeng sejumlah Bidan, Puskesmas, dan klinik bersalin guna memenuhi target kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Gunnungkidul.

Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Eko Subiantoro mengatakan, guna memenuhi target nasional mengenai kepemilikan akta kelahiran, dirinya akan menggandeng sejumlah pihak yang mengurusi persalinan bayi di Gunungkidul. Menurutnya, selama ini penduduk Gunungkidul yang memiliki akta kelahiran masih berada dibawah 50 persen.

“Kami akan menggandeng sejumlah pihak, jika ada bayi yang lahir akan langsung dapat akta,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (26/8/2016).

Dia menuturkan, sekitar 756 ribu penduduk Gunungkidul baru tercatat sebanyak 35 persen saja yang memiliki akta kelahiran. Hal ini sangatlah penting bahwa akta kelahiran dapat bermanfaat untuk urusan pribadi.

“Semoga masyarakat pun lebih sadar bahwa akta itu penting,” paparnya.

Eko menambahkan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak yang nemangani persalinan bayi. Hal itu merupakan terobosan baru untuk meningkatkan jumlah kepemilikan akta kelahiran.

“Ini terobosan baru, semoga dapat mencapai target 100 persen nantinya,” tandas Eko. (Bayu)

Related Post