Begini Hasil Penelitian Fosil Gua Braholo

302 views

image

Gunungkidulpost.com – Rongkop – Tim peneliti arkeolog dari Badan Arkeologi DIY akan melakukan analisis terkait usia, bentuk dan jenis dari fragmen yang ditemukan. Hasil temuan tim peneliti di Gua Braholo, Desa Semugih, Kecamatan Rongkop, Gunungkidul, tersebut akan diteliti di Laboraturium.

Temuan ini dapat memberikan gambaran masa lalu saat manusia modern awal hidup di Gunungkidul.

Tim peneliti, arkeolog dari Badan Arkeologi DIY, Alifah mengatakan, sejumlah benda hasil temuan tersebut akan diteliti di laboratorium untuk dapat mengetahui pertanggalannya.

Termasuk arang yang juga dapat digunakan untuk mengetahui pertanggalan melalui proses pengkarbonannya.

“Kami akan lakukan analisa di laboratorium, sehingga dapat diketahui secara pasti waktunya,” ujar Alifah, Senin (30/10/2017).

Menurut dia, tim peneliti menemukan banyak pecahan-pecahan tulang belulang dari fauna yang hidup di masa manusia modern awal.

Beberapa yang ditemukan yakni tulang belikat rusa, tulang belulang kera, babi, anjing, tikus, dan kerbau di kedalaman 1-4 meter. Selain itu tim juga menemukan gigi gajah dan tulang belulang badak di kedalaman 6-7 meter.

Tim menduga tulang belulang tersebut yang telah ada semenjak 30 ribu tahun yang lalu adalah sisa-sisa binatang yang dikonsumsi oleh manusia prasejarah di Gua Braholo.

“Ini dibuktikan dengan lapisan abu putih yang ada di sekujur tulang belulang pada bidang ekskavasi seperti bekas pembakaran makanan,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post