Begini Isi Pesan Sultan Untuk Warga Gunungkidul

image

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X Melakukan Kunjungan Kerja. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Acra halal bihalal Pemerintah Kabupaten Gunungkidul bersama Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang di gelar Kamis,(13/7/2017) di Bangsal Sewokoprojo, Gunungkidul juga merupakan acara kunjungan kerja yang dilakukan oleh Gubernur DIY.

Dalam kunjungan kerja kali ini Gubernur DIY menyampaikan hal penting yang saat ini di rasa sudah sangat memprihatinkan yaitu mengenai kenakalan remaja yang saat ini kian marak terjadi.

“Saya sangat prihatin terhadap remaja yang saat ini sering kali melakukan tindakan kriminalitas, bahkan banyak diantara mereka yang masih usia anak Sekolah Menengah Pertama,” jelas Sultan kepada Gunungkidulpost.com.

Melihat hal ini, Sri Sultan meminta kepada orang tua, termasuk masyarakat  jangan sampai melepas pengawasan terhadap anak dan tidak hanya menyerahkan kepada guru saat di sekolah.

“Dekati anak – anak kita, buat mereka betah dirumah, belajarlah menjadi temannya, untuk bisa menampung segala keluh dan kesahnya,” pesan Sri Sultan.

Menurut Sri Sultan, jangan terlalu sering menunjukan kepada anak tentang masalah yang terjadi dalam rumah tangga, apa lagi sampai mereka tau ada kekerasan di dalam rumah tangga orang tuanya.

Selain itu, hal lain yang perlu di perhatikan adalah saat terjadi masalah yang kaitannya dengan kenakalan remaja, kesalah pahaman antar desa, maupun antar  pedusunan, jangan sedikit- sedikit melapor ke Polisi, kecuali memang benar- benar harus melibatkan Polisi, karena itu masih tanggung jawab kepala daerah dengan basis kebawah seperti Camat, Kades dan perangkatnya.

“Gubernur, Walikota, dan Bupati merupakan pembina wilayah, sedangkan TNI/ POLRI merupakan pembina terutorial,” terang Sri Sultan.

Masalah yang sekiranya masih bisa diselesaikan dengan musyawarah, sebaiknya diselesaikan dengan musyawarah dengan dibantu oleh Babibkamtibmas atau Babinsa.

Kemudian hal penting lainnya yang di sampaikan oleh Sri Sultan yaitu mengenai Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Gunungkidul yang diharapkan dapat selesai sebelum Internasional Airport Kulon Progo di  fungsikan di tahun 2019 nanti.

“Kalau JJLS dapat segera selesai itu akan membuka akses kemudahan bagi yang akan berkunjung ki Gunungkidul maupun ke  Internasional Airport,” jelas Sri Sultan.

Sri Sultan berpesan, kalau Gunungkidul akan maju, mulai sekarang harus bisa merubah paradikma kita selama ini. Perbaikan infrastruktur khususnya di bidang patiwisata juga perlu diperhatikan untuk menekan angka keluhan para wisatawan.

“Jangan berbicara ini punyaku, itu punyamu, tapi bagaimana kita bisa bersama untuk membangun Gunungkidul menjadi lebih baik,” pungkasnya. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post