Bekerja Seharian Dikantor Memicu Kelelahan Tubuh. Simak Tips Dan Trik Atasi Mata Lelah

149 views






Gunungkidulpost.com – Wonosari – Bekerja seharian di kantor seringkali mengharuskan kita duduk depan komputer lebih dari 4 jam sehari. Ditambah lagi ketika pulang, kita sering fokus pada layar smartphone kita. Kebiasaan menatap layar teknologi ini bisa menyebabkan mata kita cepat lelah karena faktor kurangnya cairan pada mata (mata kering).

Lalu bagaimana kalau kita memiliki profesi yang mengharuskan kita untuk menatap layar komputer ataupun smartphone terus-terusan? Bagaimana cara mengatasi mata lelah di kantor yang mengharuskan kita seperti itu?

Simak tips dan trik mengatasi mata lelah kali ini sampai habis ya.

Cara Mengatasi Mata Lelah di Kantor – Mudah dan Bisa Dilakukan oleh Setiap Orang

Selalu batasi menatap layar monitor komputer ataupun smartphone kita untuk mencegah mata cepat lelah. Kalau sudah dan masih mengalami mata lelah di kantor, lakukan cara-cara berikut untuk mengatasinya:

1. Basuh Wajah dengan Air Dingin

Tinggalkan sejenak tempat kerjamu dan ke kamar mandi. Basuh wajah dengan air dingin. Sembari membasuh, pijat pelan area seputar mata. Fungsinya untuk meningkatkan kesegaran mata kita setelah sekian lama menatap layar komputer. Efeknya sendiri lebih kepada menyegarkan kembali wajah dan mata kita sesaat.

Trik dalam membasuh wajah ini, jangan lakukan terlalu sering. Cukup lakukan sebanyak 3x saja – karena kalau berulang-ulang, efek yang dirasakan itu akan hilang karena wajah kita sudah terbiasa.

2. Memijat Daerah Sekitar Mata dengan Tissue Hangat

Ambil tissue dan kemudian basahi dengan air hangat. Gunakan tissue tersebut untuk memijat daerah sekitar mata kita. Pijat perlahan untuk memberikan kehangatan ke daerah mata itu.

Cara ini, berfungsi untuk membuat mata rileks dan meredakan rasa pegal pada mata akibat menatap layar terus menerus.

3. Kompress Mata dengan Kantung Teh Hangat

Selain menggunakan tissue hangat, kalau di kantor kita biasa minum teh menggunakan kantong teh, kita bisa memanfaatkan sisa kantong teh tersebut. Pastikan kantong teh tersebut masih hangat, peras hingga airnya habis. Kemudian letakkan kantong teh di daerah mata kita yang lelah dengan mata tertutup.

4. Pakai Obat Tetes Mata

Salah satu fungsi obat tetes mata adalah untuk memberi kesegaran dan membasahi mata kita. Cukup teteskan 1 atau 2 kali saja agar mata kembali segar dan basah.

5. Istirahatkan Mata Sejenak

Istirahatkan mata kita sejenak dari menatap layar komputer. Tiap setengah jam sekali misalnya, alihkan pandangan mata kita dari layar komputer kita di kantor. Namun, jangan mengalihkan mata kita dari layar komputer ke layar smartphone ya.

Alihkan mata dan tutup mata sejenak, kurang lebih 5 menit. Biarkan mata kita istirahat sejenak.

6. Berkediplah lebih Banyak

Kedipkan mata ketika kita merasa lelah. Kelelahan mata biasanya karena mata kita kering. Dengan berkedip lebih sering, mata akan kembali memproduksi cairan yang bisa menyegarkan mata kita.

7. Menggerakan Mata alias Olahraga Mata

Gerakkan mata kita (tanpa menggerakkan tubuh kita) untuk olahraga. Aktivitas ini akan membuat mata lelah kita kembali segar. Kita bisa menggunakan gerakan jam imajinasi, yaitu dengan:

  • Gerakkan bola mata kita ke arah jam 12 dan kemudian kembali ke tengah.
  • Lalu ke arah jam 1 dan kembali ke tengah.
  • Lakukan secara berulang sebanyak 10 x

8. Atur Cahaya Komputer

Salah satu yang menyebabkan mata kita mudah lelah adalah karena cahaya dari layar komputer terlalu terang. Karenanya, kita atur kontras layar komputer agar tidak menyakitkan mata kita. Karenanya, kita fokuskan pada mengatur kontras layar komputer kita agar lebih nyaman di mata.

9. Atur Pola Makan

Selain bisa membantu kita dalam hidup hemat, pola makan sehat bisa membuat tubuh kita lebih fit, termasuk mata kita. Perbanyak konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung Vitamin A. Hal ini akan membuat mata kita menjadi lebih sehat dan bisa mencegah gangguan mata di kantor.

10. Konsultasi dan Gunakan Kacamata

Jika semua cara di atas sudah dilakukan, namun kita masih mengalami mata lelah ataupun gangguan mata lainnya, ada baiknya kita konsultasikan ke dokter mata. Untuk mengatasi mata lelah sendiri, kita bisa juga menggunakan kacamata kesehatan yang dijual di pasaran.

Sumber : www.tipsdantrik.id

(Editor: Falentina)

Related Post