Belalang Setan Mulai Serang Pemukiman Warga

316 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Lagi-lagi belalang setan (Aularches miliaris) menyerang puluhan meter persegi pemukiman warga yang berada di Dusun Wukirsari, RT 07/RW 03, Desa Baleharjo, Kabupaten Gunungkidul.

Belalang yang dikenal sebagai belalang beracun karena dapat mengeluarkan bisa beracun untuk mempertahankan diri itu membuat resah masyarakat.

Belalang setan ini memakan daun tanaman milik warga, mulai dari daun tanaman jagung, kelapa, hingga pohon jati.

Belalang yang berwarna cerah ini terus bertambah jumlahnya hingga membuat resah warga setempat.

“Kami sudah mengetahui jika belalang itu beracun, jadi tidak berani menangkapnya,” kata salah seorang warga Wukirsari, Triyanto saat ditemui Gunungkidulpost.com, Senin (4/1/2018).

Belalang setan memiliki ciri sayap berbintik kuning serta tubuh berwarna merah. Belalang ini dikenal sebagai salah satu hama yang dapat merusak tanaman milik petani.

Hama belalang setan ini memakan sebagian daun tanaman milik para petani yang dapat berakibat pada matinya sejumlah tanaman.

Setelah beredar kabar mengenai serangan belalang langka ini, banyak warga resah lantaran takut masuk ke rumah.

“Sepekan terakhir ini ada lebih dari 20 ekor belalang setan,” paparnya.

Triyanto menambahkan, dengan adanya serangan belalang ini dirinya bersama warga mengantisipasi untuk tidak ke rumah warga. Selama ini menurutnya, membasmi dengan cara mengambil dan memusnahkan belalang tersebut.

“Sementara kami basmi dan semoga tidak ada lagi serangan belalang racun,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang warga lainnya Agus Supriyadi mengungkapkan memang sempat melihat ada belalang aneh yang keberadaan di sekitar warga.

“Saya takut memegang karena ada informasi bisa mengakibatkan melepuh jadinya cukup melihat saja,” ujarnya. (G2)

Related Post