Belasan Grup Berebut Gengsi Di Bangsal Sewoko Projo

405 views

Salah Satu Penampilan Peserta Festival Karawitan se-Gunungkidul. (Foto: Istimewa)


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dalam rangka melestarikan budaya jawa, khususnya seni karawitan, Pemkab Gunungkidul menggelar Festival Karawitan selama dua hari, Sabtu – Minggu. Kegiatan tersebut digelar di Pendopo Bangsal Sewoko Projo. Sebanyak 18 grup mengikuti festival dengan total hadiah jutaan rupiah. 

Plt Kepala Dinas Kebudayaan, Agus Priyanto mengatakan, kegiatan ini digelar untuk melestarikan dan menggeliatkan seni karawitan. “Lomba karawitan ini diikuti 18 kecamatan yang akan berlangsung selama dua hari,” katanya kepada Gunungkidulpost.com. 

Dia menjelaskan, dari belasan peserta nantinya hanya akan dipilih lima terbaik. Untuk juara I akan mendapatkan uang pembinaan Rp 7 juta, juara II Rp 6 juta, juara III Rp 5 juta, harapan I Rp 4 juta, serta harapan II Rp 3 juta. “Selain itu, grup terbaik juga akan mendapatkan piala bergilir dari Bupati Gunungkidul,” jelas Agus. 

Pihaknya berharap, dengan digelarnya Festival ini karawitan dapat terus hidup dan berkembang di Kabupaten Gunungkidul. “Ditengah perkembangan teknologi diera globalisasi ini harapan kami nilai budaya lokal akan lebih ditingkatkan dan tidak mudah pupus,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post