Belasan Hewan Ternak Mati Mendadak

37 views

Gunungkidulpost.com – Tepus – Belasan hewan ternak di Kecamatan Tepus dan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul mati misterius. Diduga hewan tersebut mati karena serangan hewan liar.

Kepala Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Sucipto menyampaikan total ada 11 kambing yang mati mengenaskan karena kehabisan darah.

“Sejak 15 hari terakhir saja, ada 8 ekor kambing yang mati dengan bekas gigitan disekitar leher, dan seperti habis darahnya,”kata Sucipto, Senin (17/09/2018).

Sucipto menjelaskan, sebagian besar serangan kambing terjadi karena kandang berada di tengah ladang, dan jauh dari pengawasan pemiliknya, seperti di Dusun Ngande-ande, Cakbohol, dan Winangun.

“Dua bulan lalu warga sudah saya ingatkan terkait potensi serangan hewan liar saat musim kemarau. Sebab, selama 5 tahun terakhir serangan terus berulang,”jelasnya.

Sucipto menghimbau, kepada warga untuk membawa pulang hewan ternaknya atau menambah pengamanan di kandang.

Sementara di Kecamatan Girisubo, juga terjadi serangan diperkirakan pada Senin (17/9/2018) dini hari. Tiga ekor kambing milik warga di dusun Sawah, desa Tileng mati misterius. Seperti yang ada di Tepus, kandang kambing berada di tengah ladang, jauh dari pemukiman warga.

“Kambing milik Harjono alias Ngatijo diketahui pagi tadi mati. Total ada 3 ekor yang mati,” ujar Kapolsek Girisubo, AKP Mursidiyanto. (Santi)

Related Post