Belasan Kelompok Seni Tunjukkan Kemampuan

116 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 18 kelompok seniman karawitan putri dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Gunungkidul mengikuti Festival Karawitan Gunungkidul di Bangsal Sewokoprojo. Festifal yang melibatkan ratusan seniman ini digelar selama dua hari Kamis dan Jumat, 18 dan 19 April 2019.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul Agus Kamtono menyampaikan,acara ini merupakan agenda tahunan yang digelar sebagai upaya melestarikan kesenian tradisional seni karawitan.

“Dalam festifal kali ini akan memperebutkan tropi bergilir Bupati. Selain tropi, kelompok terbaik 1 sampai 5 juga akan mendapatkan uang tunai dan piagam,” kata Agus.

Dikatakan Agus, dihadapan para juri diantaranya Dra.Sutrismi, Dosen Seni Karawitan ISI Yogyakarta, Sumarto,praktisi seni karawitan dari Kraton Yogyakarta dan praktisi seni karawitan dari Kabupaten Gunungkidul, setiap kelompok akan menyajikan gending yang terdiri gending wajib dan gending pilihan.

“Gending ladrang semar mantu laras slendro pethet nem merupakan gending wajib yang akan dibawakan setiap kelompok,”jelasnya.

Selain menilai kelompok karawitan untuk memperoleh juara satu sampai dengan lima,juri juga akan menilai penampilan masing-masing peserta dengan kriteria pemain gender barung terbaik, waranggana terbaik, pemain gambang terbaik, dan pemain bonang dan gambang terbaik.

Dengan kegiatan semacam ini, diharapkan kesenian tradisional terus berkembang di Gunungkidul, dan bisa lebih dikembangkan seiring perkembangan pariwisata.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Hj. Badingah,S Sos.menyampaikan, dahulu Kabupaten Gunungkidul menjadi salah satu gudangnya seniman di DIY. Namun, seiring berkembangnya jaman, banyak generasi muda yang lebih tertarik dengan budaya dan kesenian modern.

“Dengan adanya dukungan dari pemerintah melalui kegiatan semacam ini,semoga seniman-seniman di Gunungkidul tetap bersemangat dalam melestarikan budaya dan kesenian jawa,” tuturnya. (Santi)

Related Post