Belasan Pasukan Bergada Tampil Dihadapan Ribuan Warga

199 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Festival Bregada pertama di Gunungkidul digelar meriah.

Belasan Pasukan Prajurit Mataram atau lebih dikenal masyarakat pasukan Bregada melancarkan aksinya dihadapan ribuan pasang mata yang menyaksikan di depan Bangsal Sewokoprojo, Minggu (4/11/2018).

Prajurit yang mengikuti festival tersebut berasal dari perwakilan 18 Kecamatan yang ada di Gunungkidul.

Mereka mempunyai ciri khas sendiri-sendiri, seperti pasukan yang berasal dari Kecamatan Patuk mereka berseragam berwarna merah dengan menggunakan topeng senada dengan seragamnya.

Tidak hanya seragam yang berwarna-warni, tetapi senjata yang dibawa para prajurit juga beragam seperti tombak, pedang, hingga busur panah berserta anak panahnya dibawa saat prajurit berbaris mengelilingi Kota Wonosari.

Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Agus Kamtono mengatakan, festival ini baru pertama kali digelar di Gunungkidul dengan jumlah total ada 36 pasukan prajurit Bregada yang mengikuti Festival Bregadaini.

“Tujuan digelar adalah salah satu tugas dinas kebudayaan adalah pelestarian baik adat, seni, tradisi, maupun maupun nilai-nilai budaya. Bregada merupakan seni tradisi adat keratonan,” katanya disela acara.

Ia mengatakan prajurit yang ikut kali ini bukan dari Keraton tetapi duplikasi prajurit Bregada dari Keraton, yang sangat digemari oleh masyarakat DIY.

“Jadi prajurit Bregada yang merupakan duplikasi dari Keraton ini ada di berbagai daerah di DIY, seperti Sleman, Gunungkidul, Bantul, Kota Yogyakarta, maupun Kulon Progo dan lainnya,” paparnya.

Gunungkidul mendapatkan putaran ke 5 dari penyelenggaraan Festival Bregada di Gunungkidul yang akan diikuti oleh 36 pasukan Bregada.

“Masing-masing Kecamatan mengirimkan dua pasukan prajurit Bregada. Tahun ini baru dimulai festival prajurit Bregada, baru pertama kali di Gunungkidul,” terangnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini prajurit Bregada tidak hanya sebagai prajurit duplikasi dari Keraton, tetapi juga dapat ikut serta sebagai pengaman permasalahan-permasalahan di tingkat desa. (Heri)

Related Post