Belum Semua Desa Lunas Pajak

49 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Meski pemerintan telah menutup batas akhir pembayaran Pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) belum semua desa yang ada di Kabupaten Gunungkidul membayar lunas.

Dari data yang ada, tercatat dari 144 desa baru 50 desa yang telah lunas.

Kepala Seksi Penagihan dan Pengawasan, Bidang Penagihan, Pelayanan dan Pengendalian, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Gunungkidul, Supriyatin menuturkan secara hitungan jumlah desa capaian tahun ini menurun jika dibanding tahun lalu. Namun secara nominal meningkat.

“Tahun ini baru 50 desa yang lunas sampai Minggu (30/9) kemarin,” ujarnya, Selasa (2/10/2018).

Dalam hitungan Kecamatan sendiri saat ini ada dua yang lunas yaitu Gedangsari dan Purwosari. Capaian itu lebih rendah dari tahun kemarin lantaran pada tahun kemarin ada lima Kecamatan yang lunas yaitu Gedangsari, Purwosari, Panggang, Girisubo, Rongkop.

Menurutnya penurunan jumlah pembayaran pajak oleh para wajib pajak tersebut dikarenakan banyak wajib pajak yang di luar daerah.

“Kami terus woro-woro ke desa jemput bola juga dan memasang spanduk-spanduk untuk mengingatkan membayar. Saya rasa cukup tinggi animo masyarakat saat ini,” ucapnya.

Adapun catatan dari BKAD Gunungkidul saat ini capaian dari PBB yaitu Rp18,909 Miliar sementara dengan denda terhitung Rp19,329 Miliar. Target pada tahun ini sendiri yaitu Rp23,76 Miliar.

Sebelumnya Sekretaris BKAD Gunungkidul, Putro Sapto Wahyono mengungkapkan untuk tahun ini di Gunungkidul terdapat wajib pajak PBB sebanyak 591.780 objek. Seluruh bangunan maupun lahan dipungut pajak.

“Tahun ini ada 591.780 objek yang dikenakan oleh pajak,” tutupnya. (Heri)

Related Post